google

Algoritma Terbaru Google bernama Top Heavy 2

Google kembali meng-update algoritmanya bulan oktober ini. Sekarang, Google mengumumkan update pada Page Layout Filter-nya yang dulu pertama kali dilakukan pada Januari dan kerap dikenal dengan update “Top Heavy”.

Matt Cutts yang merupakan Kepala tim Google web spam menyebutkan dalam sebulan ini Google sudah update algoritma sebanyak 2 kali, yang pertama kita kenal dengan EMD yang dampaknya cukup terasa bagi website-website yang notabane nya memiliki nama domain yang mengandung keyword incaran atau sering disebut dengan KOD (Keyword On Domain). Kebanyakan domaian atau website seperti itu di pangkas habis trafficnya, berikut ini adalah algoritma-algoritma terbaru Google dari september – oktober 2012

Panda Update 20: Sept. 27, 2012
EMD Update 1: Sept. 28, 2012
Penguin Update 3: Oct. 5, 2012
Top Heavy 2: Oct. 9, 2012

Menurut informasi kali ini Google akan memperhatikan page layout sebuah situs. Karena kata Matt Cutts mengatakan Google telah banyak mendapatkan keluhan dari pengiklan yang menggunakan Adword / visitor biasa yang mengeluhkan hasil pencarian mesin pencari tidak sesuai yang mereka harapkan. Dengan begitu hal ini berkaitan dengan yang namanya AGC (Auto Generate Content ). Bahkan si Matt bilang, kalau update algoritma terbaru ini akan berdampak 0.7 % dari keseluruhan yang akan terjadi nanti.

Berikut keterangan dari Cutts:

“Kami pernah mendapatkan komplain dari pengguna Google bahwa ketika mereka meng-klik hasil pencarian, mereka mendapati kesulitan untuk menemukan konten yang dibutuhkan dan hal itu merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Mereka ingin segera membaca konten yang dibutuhkan tanpa perlu mengarahkan scroll hingga ke bagian paling bawah melewati banyak iklan. Jadi, untuk websites yang tidak punya konten yang berada di bagian paling atas halaman website, dapat terpengaruh update Top Heavy ini”

Jadi yang perlu kita benahi adalah tata letak / navigasi website kita, content website kita dan mungkin juga nanti akan berdampak pada kecepatan loading blog kita. Selain itu inti dari algoritma Top Heavy 2 adalah seberapa besar manfaat content/artikel website kita untuk pengunjung dan kepadatan / banyak sedikitnya sebuah artikel di website kita. Dalam hal ini bukan jumlah artikel melainkan jumlah word/kata di satu artikel website.

Share

10 thoughts on “Algoritma Terbaru Google bernama Top Heavy 2

  1. makasih infonya mbak..
    masih pemula banget jadi ndak begitu paham tentang optimasi SEO.
    nulis juga masih asal-asalan. yang penting ada semangat untuk belajar.

    terus untuk menyesuaikan dengan algoritma yang baru baiknya seperti apa yach?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *