images

April MOP or April Fools’ Day

Habis Maret Terbitlah April . Ada beberapa golongan yang merayakan  1 April sebagai hari April Mop.  April Mop itu apaan ya???

April Mop sendiri adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi tahukah anda apakah April Mop itu sebenarnya?? … ini nih sejarahnya..!!

Sejarah april MOP

April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun.  Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Namun  sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

April MOP ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.  Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam tahun-tahun  terakhir ini  memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Di dunia ini banyak sekali peristiwa yang dihubung-hubungkan dengan peristiwa April Mop, diantanya:

Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.

AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.

Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian

Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.

Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.

Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.

Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.

Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.

Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Nah.. Pantaskah kita merayakan April MOP??? Dan tengak-tengok kanan-kiri takutnya malah kita jadi korban di tanggal 1 April ini..

Share

8 thoughts on “April MOP or April Fools’ Day

  1. I am as a result successful by myself noticed this unique site page. One very nearly reported myself only just the things As i elected to help you take note to help you and even then some. Cool writing and even all the best once designed for engaging in the following very little toll!

  2. It’s onerous to find knowledgeable people on this topic, however you sound like you recognize what you’re speaking about! Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *