bluemoon_icstars_big

Blue Moon dilangit 31 Agustus 2012

Tanggal 31 Agustus 2012 telah terjadi sebuah fenomena spesial di bumi. Langit dimalam ini akan dihiasi dengan kedatangan bulan biru atau yang dalam istilah asingnya di kenal dengan blue moon.

Lalu apasih sebenarnya blue moon itu?

Seperti yang dikatakan oleh Profesor Riset Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dan dikutip oleh detik..com, istilah blue moon sebenarnya bukan menggambarkan kondisi di mana bulan benar-benar menjadi biru.

Fenomena ini merupakan bulan purnama yang terjadi lebih dari satu kali dalam satu bulan dimana bulan purnama pertama terjadi pada tanggal 2 Agustus lalu. Saat terjadi, bulan akan diselimuti banyak debu angkasa sehingga terkadang akan tampak berwarna biru jika dilihat dari bumi.

Thomas menambahkan bahwa fenomena blue moon merupakan event yang cukup langka karena hanya terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali. Hal senada juga dilaporkan oleh situs Earthsky yang mengatakan bahwa fenmomena blue moon hanya terjadi setiap 2,7 tahun sekali. Dengan demikian, maka fenomena blue moon berikutnya kemungkinan akan terjadi sekitar Juni 2015

Kalau anda pecinta film cartoon dan pernah nonton film SMURF pastinya tidak asing dengan istilah Blue Moon ini,dimana pada film itu  smurf selalu merayakan datangnya Blue Moon dan ketika menjelang perayaan festival blue moon, desa Smurf yang di pimpin oleh Papa mendadak diserang oleh penyihir jahat bernama Gargamel beserta Azrael, kucing kesayangannya yang cerdik, demi sebuah tujuan untuk menguasai dunia.

 

Share

One thought on “Blue Moon dilangit 31 Agustus 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *