IMG_20160216_184241

Churros Nikmat Ala-ala

Hampir tiap sore hujan selalu membasahi bumi, seperti halnya sore ini. Gerimis yang membuat perut kruyuk-kruyuk memunculkan ide untuk berkreasi dengan makanan. Awalnya maksud hati mau membuat Omlete sebagai teman gerimis, tapi ketika lihat kulkas, beberapa bahan-bahan kue masih ada sisa, so beralih pikiran untuk membuat Churros.

Churros, aku dikenalkan pada makanan ringan khas Spanyol ini ketika berkunjung ke Kota Gadis (Madiun), rasanya gurih dan disajikan dengan saos terpisah. Awalnya aku pikir semacam Cakuwe dengan saos petis, tapi ternyata aku salah kaprah ketika dicoba rasanya beda jauh dengan Cakuwe dan yang lebih parah lagi adalah saos yang ku kira petis ternyata adalah Cokelat Pasta. Hehehe… norak banget ya aku, maklum di Madura kenalnya saos petis untung aku tidak mengira saos terasi.

Churros

Churros

Nah, ini resep yang ku pakai, hasil gugling dan aku terapin. cara membuatnya mudah sekali dengan harga yang murah meriah.

Bahan Churros:

250 gram tepung terigu (aku pakai segitiga biru)
1 gelas air
1/2 sdt garam
2 sdm gula
150 gram margarine
1 butir telur ukuran besar (aku kadang pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan Saos:

Cokelat pasta atau bisa langsung pakai SKM dengan ukuran sesuka hati.

Cara Membuatnya:

  1. Masak air, margarine, gula dan garam hingga mendidih dan margarine meleleh. Matikan api. Masukkan terigu. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
  3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis.
  5. Sajikan churros yang sudah digoreng dengan saos cokelat atau SKM sesuai selera.

Nah mudah sekali kan, rasa buatnya gampang, biaya murah rasanya enak.

IMG_20160216_184241

Selamat Mencoba

Share

10 thoughts on “Churros Nikmat Ala-ala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *