Gloriosa Superba, Si Cantik Mahal Terbengkalai

Mendekatkan diri dengan alam itu hal yang sangat menarik. Tidak saja membuat kita semakin menyadari betapa kecilnya kita diantara ciptaanNYA, namun sekaligus membuat kita mendapat kesempatan untuk mengenali dan mengagumi karya-karyaNYA. Desau angin, kicauan burung, warna-warni kupu-kupu beterbangan, hijau dedaunan, tentunya ditemani keindahan bunga-bunga liar. Bilakah sebenarnya dewa-dewa telah turun dari langit dan sempat-sempatnya membuat pahatan alam yang begini cantik.

Subhanallah……………

Sebuah keisengan menikmati Wifi gratis di kantor, dibukalah mbah google. Ku ketikkan di mbahnya search engine itu “Bunga termahal di dunia” di page Image. Betapa terkejutnya aku ketika kulihat ada bunga yang sangat familiar sekali masuk dalam kategori bunga termahal di dunia. Walau aku tak tau namanya tapi disekitar rumah banyak sekali kutemui bunga tersebut, mereka menyebutnya sebagai tumbuhan untuk pakan ular. Huu…. menakutkan sekali..

BeautyPlus_20160311080921_save

Gloriosa Superba disebut juga Gloriosa Lily (Inggris) bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama Bunga sungsang merupakan bunga yang tidak biasa dan eksotis, warna mahkota bunga ini adalah kombinasi merah dan kuning, bahkan kadang didominasi warna merah saja. Pada bagian dasar bunga, terdapat kelopak berwarna hijau muda menghadap ke bawah, sungguh membuatnya semakin indah dilihat.

Yang bikin mengejutkan lagi ternyata bunga ini adalah bunga kebangsaan negara Zimbabwe dan di negara tersebut sangat dilindungi keberadaannya. Usut demi usut ternyata bunga cantik ini berasal dari negara Afrika. Amazing sekali, bunga dari negara jauh disana tumbuh di Pulau Garam.
Gloriosa Superba hidupnya di tempat yang lembab, sehingga mudah sekali tumbuh di pekarangan rumah, bahkan di rumahku ia tumbuh di dekat-dekat pohon bambu. Tumbuhan ini merambat menopang ke tumbuhan yang lain layaknya manusia ia juga menerapkan sikap hidup bersosial.

Masih tentang keanggunan bunga langka ini, keisenganpun berlanjut, iseng mencari harga bunga sungsang dan ternyata harganya mengalahkan harga bunga anggrek yang super cantik. Harga Gloriosa Superba di jual dengan harga 100K per tangkai.

Sungguh mengejutkan, padahal bunga ini disini tidak dirawat keberadaannya juga tidak ditanam. Ia tumbuh dengan sendirinya ditempat sesuai dengan seleranya. Merambat kesana kemari memperlihatkan keindahan dari kelopaknya yang berwarna-warni, namun kadang tak ada seorangpun yang menghiraukan kecantikannya apalagi berinisiatif membudiyakan dan menjualnya.

BeautyPlus_20160311081019_save

Pelajaran sangat berarti sekali buatku, bahwa ternyata banyak hal unik dan langka disekitar kita yang tidak kita ketahui. Kadang kita memandang sebelah mata tentang keberadaannya tanpa mencari tau asal muasalnya. Apakah akan ada bunga cantik yang langka disekitar rumah kita??

Share

5 thoughts on “Gloriosa Superba, Si Cantik Mahal Terbengkalai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *