images

HUT Kota Sampang ke-388

Happy Birthday–

Happy Birthday…

Selamat Ulang tahun tahun untuk Kota Lahirku tercinta, selamat ulang tahun kota Sampang yang ke-388  ternyata sudah lumayan tua yah, umurnya sudah ratusan,   tanggal 4 kemarin kota yang terkenal dengan sebutan BAHARI ini memperingati ultahnya, namun sebelum acara puncak banyak sekali rentetan acara yang  sudah dilaksanakan sebelumnya, sempat terkaget saya mendengarnya ketika ada salah satu teman bercerita tentang acara yang dilaksanakan dalam menyambut hari jadi ini, acara jalan santai sebenarnya acara jalan santai seperti ini memang diadakan dalam tiap tahunnya namun, kali ini terkesan berbeda karena acara jalan santai diadakan dengan jarak yang lumayan jauh 19 Km dan Rute dimulai dari kecamatan Omben sampai ke kabupaten Sampang dengan memutari berbagai  posko,  acara ini banyak sekali yang mengikuti mulai dari siswa, pegawai maupun umum alias rakyat biasa.

Selain itu ketika hari H,  pada pagi hari jajaran muspida, muspika dan ratusan warga melakukan ziarah ke lima lokasi situs sejarah  pelaku berdirinya Kabupaten Sampang, Diawali dari makam Raden Kabul di Dusun Aji Gunung Kelurahan Gunung Sekar,  kemudian dilanjutkan ke Pusaran Tronojoyo serta Makam mantan Gubernur Jawa timur Moh.Noer di Dusun Babaran Kelurahan Rongtengah Kecamatan Kota. Lalu, ziarah diakhiri di makam Makam Santo Merto dan Makam Ratu Ibu di Dusun Polagen Desa Aeng Sareh Kecamatan Kota Sampang Di lokasi ziarah terakhir tersebut, juga dilaksanakan tumpengan dengan dihadiri masyarakat sekitar.

Sebagai acara puncak dari HUT salah satu Kabupaten di Madura ini, pada malam harinya diadakan pesta rakyat,
dalam pesta rakyat ini ada beberapa Bazar yang menjajakan beberapa makanan khas dan acara  ini di meriahkan oleh salah satu  artis ibu kota yang lumayan naik daun yaitu “PIYU-Padi”, acara ini disambut meriah oleh rakyat Sampang terutama para remaja disana.

Biasanya setelah acara puncak juga masih ada beberapa acara yang di laksanakan seperti halnya pagelaran Daul, Masih ingat bukan kota ini selain selain terkenal dengan makanan khasnya Nasi Kobel dan Bebek Songkem  juga terkenal dengan pagelaran budaya Daul yang sering dikenal dengan Daul Dug-Dug

Ini sekilas cerita saya mengenai acara HUT Kota Sampang,  ada kesan-pesan tersendiri dari saya sebagai penduduk asli dari kabupaten ini::

kota Sampang terkenal sekali dengan Panggilan Bahari yang diselewengkan artinya semoga panggilan itu benar-benar tercipta namun dalam arti yang sesungguhnya, sehingga citra kota sampang Semakin membaik dari sebelumnya”

Share

12 thoughts on “HUT Kota Sampang ke-388

  1. wah HBD ya Sampang :)
    ehm ehm..*nyanyi bentar 😀

    saengil chukha hamnida saengil chukha hamnida 2x

    saranghaneun Sampang ( ireum ) saengil chukha hamnida 2x

  2. Kok ga undang-undang Plat M? Seharusnya kan bisa tambah rame tentang ultah sampang ini di dunia maya, apalagi kalau sampai ada daul dugdug dan Piyu. Pasti seru itu

  3. Serunya acara ulang tahun sebuah kota adalah saat mengenang bagaimana kondisi tempo dulu kota itu. Sering kali merasa takjub, betapa jaman telah merubah wajah kota :)
    Selamat ulang tahun Kota Sampang :)

  4. Aku sebenernya ingin lihat pada acara HUT-nya Kabupaten Sampang, akan tetapi karena pada saat itu aku masih ada KKN jadi tidak bisa deh… ngomong-ngomong mana mbak fotonya? biar aku bisa lihat… :( :) 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *