IMG_20151118_232215

Kali Pertama Merasakan Ikut UKG

Mendengar kata UKG rasanya tidak asing ditelinga, apalagi saat ini lagi musim orang yang berkecimpung didunia pendidikan membicarakan masalah UKG.  apakah kalian juga bertanya-tanya apa itu UKG??

Menurut Wikipedia, Uji Kompetensi Guru atau yang lebih dikenal dengan UKG adalah sebuah kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Setiap guru akan mengikuti berbagai tes untuk mengetahui kemampuan dibidangnya, hampir setiap guru yang punya NUPTK dan tercover di DAPODIK mengikuti UKG. Namun tidak semua daerah di Indonesia ini melaksanakan UKG, hal ini tergantung pada kebijakan pemerintah setempat.

Aku baru terjun kedunia pendidikan satu tahun terakhir ini, yah.. walaupun masih mendua karena juga berkecimpung didunia sosial, tapi ternyata namaku ada didaftar list peserta UKG Kabupaten Sampang. Sempat bertanya-tanya kok bisa ya?? dan sempat bertanya-tanya juga UKG itu apa, tanya ke si mbah dan barulah aku paham yang dimaksud UKG itu.

Aku mendapat jadwal tanggal 14 Nopember 2015 gelombang ke 3, Lab 1 di SMKN 1 Sampang. Lumayan jadwalnya jam 14.00 WIB. Semuanya ada yang menguruskan mulai dari masalah kartu peserta sampai validasi kartu peserta, kecuali ikut ujiannya.

Ujian dilakukan dengan diawali latihan yang dipandu oleh operator, yang kemudian dilanjut dengan ujian langsung. Aku berangkat dari mapel Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau yang lebih dikenal dengan KKPI dan mendapatkan 100 soal, setiap orang tidak sama jumlah soal yang didapat tergantung pada Mapel yang diampu.

Soal 100 terdiri dari 40 soal Pedagogik dan 60 soal profesional, setelah mengerjakan soal nilai langsung diketahui jumlah benar salahnya, ya.. kalau kalian pernah ikut ujian CPNS sistem CAT model soal tidak jauh dengan soal-soal seperti itu.

Setelah selesai mengerjakan soal peserta wajib mengisi survey mengenai proses UKG, soal survey ada 20 soal setiap peserta jumlah soalnya sama cuma soal di random.

IMG_20151118_232215

Buat yang belum mengikuti UKG, tidak perlu bingung kuncinya cuma dua, kalian bisa ngeklik mouse dan menekan tombol spasi serta berniat “Nawaitu UKG Lillahitaala” kemudian kerjakan sesuai kemampuan. Kalau mau dicoba silahkan!!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *