Kembalikan Moodmu Dengan Beberapa Cara

“Jika ingin melihat masa lalu, lihatlah yang terjadi sekarang, dan jika ingin melihat keadaan masa depan, lihatlah apa yang sedang kamu lakukan sekarang ” – Anonim

Jenuh?? Bosan?? Bad Mood?? Rasanya tiga kata ini serupa tapi tak sama, dan hampir setiap orang pernah mengalaminya sebagai manusia biasa, karena jenuh, bosan dan bad mood itu bersifat alamiah dan normal, bahkan bohong sekali jika ada yang bilang bahwa gak pernah bosan, jenuh dan bad mood.

Penyebab perasaan jenuh dalam kehidupan ini sering terjadi karena beberapa hal, dan kadang terjadi dengan alasan yang hampir sama, bahkan ketika perasaan itu datang yang kita rasakan hanya lelah dan merasa semua aktivitas yang dilakukan hanya sia-sia dan membuang waktu saja. Ingin rasanya meninggalkan semua kegiatan yang membosankan itu dan berhenti mengerjakannya, tapi terkadang juga tidak ada pilihan lain so terpaksa diam ditempat alias mager.

Ada masa dimana kita sudah susah payah mempertahankan mood positif, berusaha ceria, tapi secara tiba-tiba ada segelintir masalah yang merusak semuanya sehingga tanpa sadar kita hanya bisa diam cemberut, dan disitulah kita dituntut untuk pintar mengatur ego, ini bisa dilakukan dengan cara mengerjakan sesuatu yang baru agar bisa dapat suasana yang lebih jernih. Selain itu banyak juga cara mengembalikan mood agar semua kejenuhan itu bisa terhempas.

Belajar bersyukur

Saat merasa berada pada titik jenuh, kadang yang sering terucap hanya mengeluh dan mengumpat, sebenarnya itu wajar asal tidak berlebihan. Sebaiknya, berdiamlah sejenak dan pikirkan satu hal, satu hal saja yang kita punya dan membuat bahagia. Dengan ini, hati kita sendiri tidak akan tega untuk merasa paling nelangsa, karena bisa jadi tidak semua orang bisa seperti kita.

Istirahat cukup

Nah, sebenarnya ini senjata paling ampuh yang sering banget aku lakukan. Kalau sudah mencapai titik jenuh tinggalkan, lupakan dan ambil bantal. Biarkan otak kita istirahat sejenak agar bisa kembali berpikir positif, bahkan jika perlu sebelum istirahat mengingatlah hal-hal yang paling membahagiakan selama kamu hidup.

Memiliki Binatang Peliharaan

Jangan dikira punya hewan peliharaan itu justru bikin kita susah, memang benar adanya kadang kehadiran mereka menambah kerjaan kita buat merawat, ngasih makan bahkan secara ekonomi menambah pengeluaran. Tapi mereka juga makhluk hidup yang butuh makan seperti halnya manusia. Kalau mood lagi tidak karuan kehadiran mereka sangat membuat kita tenang, So kalau kalian bermain ke rumahku akan menemui banyak hewan peliharaan terutama kucing yang sengaja aku kasih nama-nama unik.

Memiliki waktu untuk diri sendiri

Puasa ngomong, puasa tlepon, puasa dari gadget. Tapitak semua orang bisa melakukan ini karena ini hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu tergantung sikap mereka. Aku juga kadang lakukan ini jika otak sudah tidak sejalan dengan hati dan pikiran, daripada mengumpat mending masuk kamar, diam bahkan kadang malah milih menyepi dari keramaian, sejenak hening untuk bisa kembali berpikir normal.

Menangislah

Siapa yang selama hidupnya tidak pernah menangis?. Rasanya semua orang hidup pasti pernah menangis apalagi jika masalah itu sudah numpuk, sumpek, jenuh dan tidak tau mau cerita kesiapa bahkan walau ada tempat untuk bercerita malah gak tau mau mulai dari mana. Disitulah menangis jadi pilihan utama. Dengan menangis rasanya beban yang kita pikul sejenak berkurang.

Hadapi, jangan lari, dari masalah!

Masalah itu datang karena kita dirasa mampu menyelesaikannya, so hadapi semua masalah yang ada. Jika masalah itu datang padamu selesaikan jangan justru lari karena bisa jadi kita akan dibilang pengecut jika kita lari dari masalah.

Pertahankan Hubungan dengan Orang-Orang yang Menghargai Keceriaanmu

Saat mood kita berubah-ubah, disitulah kehadiran orang-orang terkasih sangat membantu. So jagalah hubunganmu dengan para sahabat dan orang-orang terdekat yang selalu menghargai keadaanmu. Bukan mereka yang hanya datang ketika ia punya masalah saja, karena ia nanti yang akan mengerti keadaanmu.

Tersenyum

Senyum itu sedekah paling murah, tanpa harus membeli. Sangat hebat sekali mereka yang mampu menyembunyikan masalah dibalik senyumannya. Jangan menunggu bahagia untuk tersenyum tetapi tersenyumlah untuk bahagia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.