ASEAN-Blogger-Community

Ketika Para Blogger ASEAN berkumpul di Surakarta (part-2)

Standing Banner  ABFI2013

Standing Banner ABFI2013

Ucapan selamat pagi kota Batik mulai memenuhi TL kala itu, hari kedua di kota Solo. Mengintip jadwal yang sepertinya full seminar membuat diri ini semangat untuk menambah wawasan.  Seminar diadakan diruang Tirtosari Kusuma Sahid Prince Hotel. ASEAN BlOGGER FESTIVAL INDONESIA 2013 ini bertemakan Re-inventing the Spirit of Cultural Heritage of Southeast Asia tulisan ini terpampang jelas di banner. Tema yang sederhana tapi artinya sungguh luar biasa.

IMGP0042

Front side

Sekitar jam 9 semua peserta memasuki ruang Tirtosari Acara dibuka oleh bapak Amril yang menyajikan  berbagai tayangan video ASEAN socio culture dengan informasi tujuan wisata serta kehidupan masyarakat saat ini. Kemudian penyajian dari Mr. Hazairin Pohan sebagai Director General for ASEAN Cooperation sekaligus mewakili Mr. Tifatul Sembiring yaitu dengan materi perjuangan negera ASEAN membangun kebersamaan hingga memiliki ASEAN Charter dan saat ini menjalin kekuatan agar menjadi kawasan tunggal tahun 2015 nanti. Sebagai the founding father dari Komunitas Blogger ASEAN pada 10 Mei 2010 lalu dinyatakan oleh Mr. Hazairin Pohan bahwa akses informasi untuk semua bangsa dapat diciptakan melalui peran blogger memberikan informasi sosial dan budaya dalam keberagaman dengan satu gerakan – yaitu become the real blogger. Dan dari sinilah saya mengetahui bahwa peresmian ASEAN Blogger itu di Jakarta tepatnya di Esteller77. Selain itu ada juga Bapak Suparwoto selaku Advisor to Ministry of Information Communication and Technology of the Republic Indonesia yang dilanjut dengan potong Tumpeng.

Tumpengan

  Tumpengan

 

IMGP0077 IMGP0069

Setelah potong tumpeng selesai dilanjut pada seminar inti tentang “Re-inventing the Spirit of Cultural Heritage of Southeast Asia” oleh Mr. Hazairin Pohan selaku Ministry of foreign affairs, Mr. Thomas Bill selaku U.S. Mission to ASEAN dan Bapak Muhammad Dian Nafi selaku History and Culture Expert.  Setelah itu dilanjut dengan pemateri yang sangat kerren sekali dari President of world marketing association yaitu Prof. Hermawan Kertajaya yang materinya berjudul “Are We Ready for 2015?” pada akhir pencerahan sebelum jumatan Prof.  Hermawan Kertajaya memberikan motivasi untuk terus membangun blog dengan semangat profesional karena you are the publisher and editor, ucapnya berkali-kali maka dengan pengelolaan blog yang baik you can become a market. Senang dan bangga tersirat dari senyum setiap peserta memberikan standing applause sebagai motivasi yang menjadi pijakan dalam memberdayakan blog yang selama ini dikelola agar lebih baik dan bermartabat.

Prof. Hermawan Kartajaya

Prof. Hermawan Kartajaya

Setelah jumatan kembali mendapatkan materi dari bapak Budi Putra selaku CEO the Jakarta Digital. Dan dari ibu Francesca Nina Sumitro selaku Director of market development information the ministry of tourism and creative economy Indonesia.  Dan diakhir acara ada fashion show Batik Solo yang diperagakan oleh perwakilan Blogger ASEAN.

Batik Perform

Batik Perform

Tak kalah menarik dengan malam sebelumnya, malam harinya semua peserta diiring menuju Mangkunegaran untuk menyaksikan secara langsung perform art traditional dance, Solo memang sangat menjaga kebudayaan daerahnya ini terlihat dari antusiasme masyarakat solo ketika menyaksikan perform tersebut. Beberapa tarian sudah ditampilkan  tibalah saatnya untuk memutari kota Solo, kuliner bersama teman-teman mencicipi makanan khas kota batik ini. Dan pilihan pun jatuh pada nasi Timlo dan di akhiri dengan sajian Wedang Ronde.

perform art traditional dance

     perform art traditional dance

perform art traditional dance  
perform art traditional dance

antusias warga Solo  
antusias warga Solo

nasi timlo 
nasi timlo

pengamennya keren yak
pengamennya keren yak

Wedang Ronde
Wedang Ronde

 

 

 

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *