gb3

Mengatasi Invalid Compiler pada Code Blocks

Setelah sekian lama meninggalkan perograman kini harus kembali sedikit terlibat dan mengingat sintak-sintak yang sudah pernah terlupakan. Kali ini saya memakai Code Blocks namun setelah instalasi selesai saya bingung karena ketika selesai membuat program tidak dapat di compile,. Ketika mencoba kembali untuk meng-compile maka keluar pesan “Test Debug uses an invalid Compiler”  sehingga kita tidak dapat melihat hasil dari program tersebut dan kita juga tidak bisa mengetahui apakah program itu ada kesalahan sintak atau tidak. Karena baru kali pertama menggunakan software ini maka saya pun harus mencari solusi untuk memecahkannya untung sekali si mbah selalu berbaik hati memberi solusi dari permasalahan ini.

OK langsung saja yuukkk… kita bahas caranya…

Cara ini saya pakai pada Code Blocks 13.12 dan alhamdulilah berhasil yaitu degan mengatur compiler C++ yang di gunakan pada code blocks dalam hal ini saya menggunakan MinGW32-g++ dan mendeteksi keberadaan compiler tersebut.

Langkah-langkah untuk mengatur compiler tersebut yaitu:

  1. Setelah instalasi selesai buka Code Blocks  dan pada menu bar pilih Setting,
  2. Pilih Compiler, jika anda menggunakan Code Blocks 10.5 pilih Compiler and Debugger.

IMG_20141207_105538

 

  1. Akan muncul jendela global compiler setting lalu pilih Toolchain executable pada Code Blocks

gb1

 

  1. Dibagian kanan form compiler ada auto detect , klik tombol tersebut sehingga code block akan mencari sendiri dimana posisi installer tersebut terinstal

gb2

  1. Ketika jendela menyebutkan posisi compiler tersebut terinstal maka Pilih OK
  2. Pengaturan selesai lalu pilih OK

Simple kan… jadi tidak perlu bingung lagi karena sekarang kita sudah bisa menjalankan program dengan baik tentunya dengan code yang baik dan benar juga.

Semoga bermanfaat :)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *