05

Monumen Kresek Saksi Bisu Kekejaman PKI

Mendengar kata Monumen tak jauh berbeda dengan mendengar kata museum, keduanya sama-sama berhubungan dengan sejarah. Seperti kata petuah JASMERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Hal ini juga sama halnya dengan ketika ada yang menyebutkan kata PKI, pastilah sesuai dengan pelajaran sejarah sejak SD sampai SMA bahwa PKI itu konotasinya negatif. PKI juga dikaitkan dengan pemberontak yang tidak berperikemanusiaan.

Monumen Kresek merupakan sebuah monumen bersejarah yang dibangun untuk mengenang satu peristiwa bersejarah di Kota Madiun. Peristiwa yang selalu dikenang karena kekejamannya yaitu peristiwa Kekejaman PKI pada tahun 1948.

03

Monumen ini  terletak +/- 8 Km di sebelah timur kota Madiun tepatnya di desa Kresek kecamatan Dungus dan memiliki dua tempat yang bersebrangan. Lahan sebelah timur merupakan sebuah taman dengan berbagai macam pepohonan, sedangkan disebelah barat menunjukkan layaknya sebuah monumen peringatan pada umumnya.

04

Ada beberapa tugu dan Prasasti yang mengukir nama-nama prajurit TNI dan aparat desa yang gugur melawan PKI serta beberapa relief yang menandakan kekejaman PKI, selain itu juga ada  sebuah pahatan tulisan pada dinding monumen, yang menunjukkan peresmian monumen pada tahun 1991.

02

Menurut warga setempat, area monumen kresek adalah bekas rumah warga yang dijadikan PKI sebagai ajang pembantaian, warga sekitar dikurung di dalam rumah tersebut lalu rumah tersebut dibakar bersama warga yang ada di dalamnya. Disalah satu sisi monumen ini terdapat sebuah sungai  kecil yang konon katanya pada waktu pembunuhan massal airnya berwarna merah darah.05

Saat masuk monumen kresek, kita langsung disuguhkan pada tugu yang menggambarkan  beberapa orang yang gugur melawan PKI, kemudian tugu yg menggambarkan beberapa anak kecil dan orang dewasa yang turut jadi korban kekejaman PKI serta sebuah tugu yang letaknya diatas bukit menggambarkan proses pembantaikan seorang ulama. Ulama tersebut tangannya diikat dan dibantai .

01

Namun disisi lain monumen ini sangatlah cocok untuk dikunjungi, selain memberi pelajaran tentang sebuah sejarah, monumen kresek tempatnya sangat strategis dengan fasilitas lengkap untuk para wisatawan. Terdapat halaman parkir yang luas, pendopo yang teduh, kamar mandi serta suasana nyaman.

Share

8 thoughts on “Monumen Kresek Saksi Bisu Kekejaman PKI

  1. kalo denger PKI terus langsung kebayang jaman SD dulu wajib nonton film PKI, nontonnya sambil ngumpet2 karena takut dan inget banget lagu genjer2 yg dipake jd backsound pas nyiksa para jendral itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *