resolusi 2012

Rumusan Resolusi 2012

Tahun 2012 sudah tinggal menghitung hari, setiap kali ngumpul dengan teman-teman pasti di tanyain apa resolusimu di tahun 2012 nanti?? dan jawaban yang paling sering keluar yaitu ” Tunggu aja tanggal mainnya,, :)”, setiap orang pasti mempunyai resolusi, tentunya resolusi juara yang ingin dicapai,  tapi mungkin tidak dapat diucapkan dengan kata-kata begitu pula dengan saya.

2012 adalah tahun yang diprediksi akan terjadi kiamat menurut ramalan suku Maya kuno, tahun yang kalau lihat berita-berita membuat merinding karena isunya akan  terjadi tabrakan planet Nibiru dengan planet Bumi.. Ooo Serram membayangkannya.. tapi tidak usah dibayangkan yang jelek-jelek, yang baik-baik saja yang diprediksi Wallahu A’lam, semua itu sudah ada yang mengatur, dan semua itu harus tetap dihadapi begitupula dengan 2012 tetap harus kita sambut.

Ok, tadi pagi saya tidak sengaja baca internet  ada orang yang mempunyai resolusi di tahun 2012 harus menurunkan berat badan, kemudian saya membayangkan kalau saya menurutkan berat badan bisa tinggal tulang aja dong..

Banyak hal saya targetkan di tahun 2012 nanti dan tentunya hal-hal itu InsyaAllah positif semua , dan semua berhubungan dengan kehidupan terutama masalah karir kedepannya, ada beberapa step  yang harus disiapkan dan harus dicatat disecarik kertas atau diprint aja ini notes, karena kita akan memulai sebuah langkah pasti untuk mecapai kesuksesan di masa depan! Yang namanya ilmu, jangan dibiarkan lari.. harus kita ikat! Berikut ini adalah Step-stepnya :

1. Mengumpulkan Bahan

Pastinya kita semua berpikir, kok ngumpulin bahan? Jangan salah loh yah.. Ngumpulin bahan itu tidak  Cuma kita lakukan pas kita mau masak saja. Untuk membuat sebuah perubahan, RESOLUSI dalam diri kita pun, mengumpulkan bahan adalah sebuah hal yan penting.

gimana caranya yah???

Hal pertama yang kita lakukan untuk mengumpulkan bahan adalah, BERCERMIN! Kita lihat, apa yang sudah kita lakukan, apa yang sudah kita alami selama tahun 2010 dan tahun 2011 kemarin. Cukup jawab 3 pertanyan simpel (tapi jawabannya banyak & panjang)! (a) Kesuksesan terbesar apa yang sudah kita raih tahun 2011 kemarin? (b)Kegagalan terbesar apa yang terjadi di tahun 2011 kemarin? (c) Apa yang kamu pelajari dari poin-poin tersebut?

Hal ini penting, karena kita mencoba untuk mengevaluasi seperti apa diri kita di tahun 2011! Kalo kamu pernah belajar analisis SWOT mirip2lah.. Tentunya dengan kita bercermin, kita akan mulai mendapatkan gambaran, apa saja yang perlu kita perbaiki dan bisa kita raih di tahun 2012 nanti !

dan hal selanjutnya yaitu, PERLUAS WAWASAN Dengan kita membuka cakrawalabaru, tentunya kita akan bisa memiliki gambaran kehidupan yang sesungguhnya. Caranya sangatlah gampang! Bisa dengan baca buku, browsing internet , jalan2 ke tempat baru, ketemu dan ngobrol dengan teman, dsb.

2. Meramu Bahan

Seperti layaknya kita mau membuat sayur bening, kita udah punya semua bahan(bayam,jagung, dan sekebun). Kalau kita biarkan, menunggu 1 tahun pun bahan2 itu tak  akan pernah jadi sayur bening, kecuali airnya saja yang dibuat sayur.  So, yang harus kita lakukan adalah, kita ramu bahan2 yang telah kita punya menjadi sesuatu yang berbentuk sesuai dengan keinginan kita.

Disini kita sudah mulai untuk menentukan, dari hasil “mengumpulkan bahan” kita ingin menjadi apa? Kita ingin mendapatkan apa di tahun 2012? Apa yang ingin kita lakukan di tahun 2012?

3. Membuat Rumusan

Terakhir Setelah kita mengevaluasi dan mulai menentukan apa yang ingin kita raih di tahun 2012. Maka hal terakhir yang harus kita lakukan adalah membuat “Rumusan dalam 1 kalimat” Yang perlu kita sama perhatikan disini adalah, tujuan/mimpi, jangan ketika tidur saja kita bermimpi, dalam hiduppun harus tetap bermimpi, dan rumus paling tepat itu adalah S.M.A.R.T.
S : Specific ~ Jelas!
M : Measurable ~ Terukur!
A :Acheivable~ Terjangkau!
R : Reasonable ~ Beralasan!
T : Time Bond ~ Ada batas Waktu!

Dan yang terlibat dalam SMART itu ada 4P
Personal
Rumusan itu tertulis untuk diri kita, tulislah “saya”,”Aku”,”Ana”, atau namamu!
Present
Mau atau Planing,Kata “mau” itu bersifat future, dan pada saat kita menuliskan hal ini, berarti kita belum menegaskan bahwa kita memang akan meraih hal tersebut, bisa saja di tunda.
Positive
Gunakan kata-kata yang langsung pada tujuan, kata “tidak”, “jangan”, “Ga mau” itu harus kita ganti. Begitu juga dengan diri kita, saat kita berkata “Jangan takut… jangan malu… ” yang terjadi pada diri kita: takut beneran! Kenapa ini terjadi, karena subconsious mind di otak kita tidak bisa menerjemankan kata2 negatif
Powerful
Kuat, itu sebenarnya hal terpenting dalam kehidupan kita.

Sudah itu sekedar share dari saia… :)

Silakan jawab pertanyaan ini : APA RESOLUSI TAHUN 2012 MU?! :D

 

Share

29 thoughts on “Rumusan Resolusi 2012

  1. I want you to understand a thing in the beginning on this document which some thing is that this: We worry about your needs i really imply that.

  2. Please let me know if you’re looking for a writer for your site. You have some really good articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested. Thanks!

  3. Excellent blog, sincerely, Dr. Jones,

    Dental Health and Wellness Boston
    31 State Street, 7th Floor, Boston, MA 02109
    (617) 910-4780

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *