Sampang Kreatif dan Gapura Digital Sukses Mengumpulkan UKM Di Sampang

Jangan tanyakan apa yang daerahmu berikan padamu, tapi tanyakan apa yang kamu perbuat untuk daerahmu.

Sampang, walau sebenarnya aku orang Sampang Tulen tapi sejauh ini masih minim sekali info yang bisa aku kantongi tentang daerah ini. Lahir di sampang, besar di Sampang merantau hanya hitungan tahun tapi minim info. kadang justru di ketawain orang banyak setelah aku keluarin statemen itu.  Apalagi menurut mereka sampang selalu terkenal dengan banjirnya, akupun tak mampu menepis statemen itu karena itu memang sebuah kenyataan yang tidak dapat dipungkiri.

Bulan kemarin aku berkenalan dengan komunitas Sampang Kreatif, Komunitas yang isinya pemuda kreatif, aku sebut pemuda karena minim ceweknya. Dalam komunitas ini terdiri dari berbagai kalangan dengan keahlian masing-masing. Mulai dari pelaku usaha, youtuber, photografer, jurnalis, blogger hingga pelaku wisata. Dengan impian yang sangat besar untuk memajukan Sampang agar saat orang iseng mengetikkan keyword Sampang di Google yang keluar bukan content yang negatif.

Acara ini di beri nama Bisnis Sampang Go Online, semua peserta wajib berasal dari Kabupaten Sampang yang notabene adalah pelaku usaha baik yang sudah berlapak atau hanya sekedar jualan online. Acara ini di sponsori langsung oleh Google – Gapura Digital , Telkom dan salah satu provider yang cukup terkenal  serta oleh salah satu dinas di Kabupaten Sampang yang secara tidak langsung menjembatani para anggota Koperasi dan UKM binaannya untuk turut menjadi peserta di acara ini.

Acara yang di ikuti oleh kurang lebih 150 peserta ini, bisa dibilang sangat sukses itupun sempat di utarakan oleh salah-satu perwakilan pemateri dari Google kalau antusias peserta sangat tinggi, bahkan peserta sampai meminta request waktu tambahan karena materi belum kelar. Materi yang disampaikan dikemas dalam bentuk workshop dengan 2 modul dengan mengenalkan produk google yaitu Google My Business atau dikenal juga Google Bisnisku.

Google My Business  merupakan sebuah tool yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis mendapat listingan Google secara gratis.  Listingan ini akan muncul saat orang-orang mencari bisnis kita atau bisnis di bidang yang sama di mesin penelusur dan Google Maps. Google Bisnisku dapat membantu kita membuat dan mengupdate listingan agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis kita secara online dengan mudah.

Materi ini cukup sepadan apalagi hampir semua peserta memang rata-rata pelaku usaha yang  menginginkan bisnisnya dikenal oleh  google, karena sebelumnya mereka hanya memanfaatkan beberapa media sosial untuk pemasarannya. Banyak harapan yang diinginkan dengan suksesnya acara ini terutama seiring berjalannya dunia digital UKM di kabupaten Sampang juga mampu bersaing dengan daerah lainnya.

Acara ini tetap akan ada feedback kedepannya, untuk itu komunitas Sampang Kreatif membuatkan sebuah grup khusus yang  menjadi wadah tempat bertanya atau sekedar sharing informasi antar pelaku usaha, di grup itu tetap dipantau jika terjadi kesulitan tentang penggunaan Google My Business nya peserta tidak boleh sungkan untuk bertanya, apalagi ada beberapa peserta yang kode verifikasinya belum datang karena via Pos.

Sukses untuk semua UKM Kabupaten Sampang, Yukk… belajar bersama, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

 

View this post on Instagram

 

Antusiasme peserta “Workshop Bisnis Sampang Go Online” luar biasa. Hadir 140 IKM dan UKM Sampang mengikuti materi untuk menampilkan produk mereka di pencarian Google menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Kegiatan yang diadakan Komunitas Sampang kreatif bekerjasama dengan Disperindag Sampang, Diskominfo Sampang, Google Gapura Digital, Telkomsel dan Telkom tersebut dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sampang. Materi Bisnis Sampang Go Online disampaikan oleh Saiful Affandi dan Abdul Ghofur dari Google. Kemudian dilanjutkan oleh Estining E. Putut dan Patria dari Telkomsel. Pelatihan tidak hanya berupa teori, peserta juga langsung diajak berpraktek supaya produk mereka bisa tampil di pencarian Google dan dan Aplikasi ADS Telkomsel . #sampang #sampanghebatbermartabat #sampangmadura #sampanghitz #sampangGoOnline

A post shared by sampangkreatif (@sampangkreatif) on

Share

4 thoughts on “Sampang Kreatif dan Gapura Digital Sukses Mengumpulkan UKM Di Sampang

  1. Keren sekali acara ini, kini Sampang tak bisa dipandang sebelah mata oleh tiga Kabupaten yang lain. Maju terus Sampang. Jadikan banjir sebagai berkah dimasa banjir informasi seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.