goodbye-2012-hello-2013

Sebelum Pergantian Tahun, Buat Resolusi 2013 yukk..!!

Menghitung  jam  detik demi detik, tak terasa sudah tahun 2012 sudah hampir habis dan pasti di sunia maya banyak yang membahas tentang Resolusi. Masih sering sekali mendapatkan pertanyaan tentang apa Resolusi 2013  atau life plan untuk mencapai tujuan setahun ke depan di berbagai sisi kehidupan kita?.

2013Tag3

Janganlah kita berpaling saat ada yang bertanya demikian, sebelum bercerita panjang kali lebar kali tinggi aku ingin share tentang sebagian Resolusi 2013 ku,  ketika Resolusi 2012 selalu bilang tunggu aja tanggal mainnya kalo sekarang pastinya beda. di tahun 2013 saya ingin konsisten menulis baik menulis di blog atau pun di media lainnya, itu adalah sebagian dari resolusi 2013 ku, kalo yang lainnya masih just be waiting… :)

Membuat resolusi memanglah gampang namun saat membuat resolusi pastikan apa yang dituliskan tersebut berasal dari dalam hati. Resolusi juga membantu mencapai tujuan jika kita mengenali apa yang menjadi passion dalam hidup. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat Resolusi, diantaranya:

Kehendak bebas.

Buatlah resolusi atas kehendak kita sendiri bukan paksaan dari orang lain. Pastikan kita menyusun resolusi dengan pikiran yang mandiri, atas kemauan sendiri, karena hanya kita yang paling tahu tentang apa yang kita impikan dalam hidup.

Keyakinan.

Untuk menapaki perjalanan sepanjang tahun, kita butuh keyakinan. Yakin Kita bisa berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, juga yakin bahwa Kita juga tidak bisa mengkhitalkan diri sendiri untuk mencapai tujuan.

 Have fun!

Apa yang membuat Kita merasa bahagia? Temukan cara merasakan bahagia saat mengarungi perjalanan mencapai tujuan hidup. Pastikan Kita melakukan sesuatu dengan rasa bahagia. Dengan begitu resolusi Kita tak sekadar menjadi catatan rencana untuk tahun depan, tapi sesuatu yang Kita mampu wujudkan dan jalani.

Berani.

Mewujudkan impian membutuhkan keberanian. Termasuk keberanian untuk menjalani apa yang menjadi passion dalam hidup.

Fokus pada dampak.

Bayangkan jika Kita mampu berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, dengan resolusi yang Kita buat. Dampak besar apa yang bisa Kita berikan untuk orang lain dengan rencana hidup Kita. Dengan begitu Kita akan bersemangat membuat resolusi dan membuktikan Kita mampu mewujudkannya.

Namun  resolusi itu tak akan terwujud tanpa adanya  passion sebagai penggerak utamanya. Apa pun resolusi yang tengah Kita rencanakan atau jalani kini untuk kehidupan lebih baik di tahun depan, takkan berhasil jika passion tak menyertainya. Saat merancang rencana hidup pastikan Kita didorong oleh passion atau lentera jiwa. Dengan kata lain, jangan membuat resolusi jika tak berasal dari dalam hati. Percuma saja membuat resolusi jika tujuannya hanya ikut-ikutan, bukan berdasarkan dorongan dari dalam diri. Karenanya, penting untuk memahami apa passion Kita agar resolusi apa pun yang Kita buat bisa membantu mencapai tujuan.

“Resolusi adalah hal sebenarnya tentang Kita, hal besar tentang Kita. Tentunya semua terserah Kita, kembali kepada Kita,”

Sebagai catatannya, jangan pernah membuat resolusi karena terpaksa atau dipaksa membuatnya. Tapi lebih peka lah kepada lentera jiwa Kita supaya ia membimbing Kita membuat rencana dalam hidup, menjadikan Kita pribadi yang lebih bahagia, menjalani apa yang selama ini Kita impikan dalam karier, hubungan berpasangan, hubungan sosial, finansial dalam berbagai sisi kehidupan Kita yang lainnya.

DSC_0413

Good bye 2012 and say Hello 2013

Hmm… gimana?? sekarang apa Resolusi 2013 mu?? share yuukk!!!

 

Share

2 thoughts on “Sebelum Pergantian Tahun, Buat Resolusi 2013 yukk..!!

  1. Jika Anda membuat resolusi, sadarilah bahwa apa yang Anda ciptakan hanyalah sekadar angan-angan. Resolusi atau target seringkali hanyalah sebuah konsep rencana yang menurut Anda penting Anda lakukan. Tapi pada nyatanya, rencana yang dibuat pun belum tentu mengubah apapun yang sebenarnya ingin Anda capai. Hal ini disebabkan karena hidup Anda sudah terlalu sibuk atau penat, sehingga rencana yang dibuat pun hanya mampu bertahan dalam beberapa bulan saja (atau mungkin dalam hitungan minggu?). Coba ingat-ingat, betapa banyak yang terjadi dalam hidup justru tanpa perencanaan. Menjalin persahabatan, jatuh cinta, mencari pekerjaan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *