pc_406x305

Tahun Baru Imlek 2564

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti “malam pergantian tahun”.
Sebelum bercerita banyak tentang tahun badu Imlek di 2013 ini saya ingin ucapkan:

Gong Xi Fa Chai

images (2)

Mbah Google pun juga ikut ngerayain Imlek loh, dengan nyiapin game ular neh dia

google

Tahun Baru Imlek kali ini tepat pada Tahun Ular yaitu Tahun Ular Air, karena batang langit berunsur air negatif (Gui) dan cabang bumi berunsur api negatif (Si). Dalam istilah akademik pada ilmu Feng shui disebut tahun ‘Gui Si’. Batang langit air negatif dengan cabang bumi api negatif memiliki hubungan yang destruktif, karena air memadamkan api, sehingga tahun ini memberikan gambaran adanya ketidak harmonisan dalam kehidupan di bumi, namun ketidakharmonisan ini relatif lebih baik dibanding dengan tahun Naga Air pada tahun 2012. Menurut perhitungan ilmu Feng shui, Tahun Ular Air dimulai pada 4 Februari 2012 jam 00:14. Hal ini disebabkan perhitungan tahun baru Imlek berdasarkan kalender bulan (Lunar Chinese Calender), sementara perhitungan ilmu feng shui berdasarkan kalender matahari (Solar Chinese Calender).
Dalam perayaan Tahun Baru Imlek ada beberapa ciri yang khas:

Warna Merah

17284927-chinese-new-year-gong-xi-fa-cai-year-of-the-snake
Menurut legenda, dahulu kala, Nián (年) adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan (atau dalam ragam hikayat lain, dari bawah laut), yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri merka, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka pada awal tahun. DIpercaya bahwa melakukan hal itu Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil Panen. Pada suatu waktu, penduduk melihat bahwa Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut akan warna merah, sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu. Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Adat-adat pengurisan Nian ini kemudian berkembang menjadi perayaan Tahun Baru. Guò nián (Hanzi tradisional: 過年; bahasa Tionghoa: 过年), yang berarti “menyambut tahun baru”, secara harafiah berarti “mengusir Nian”. Sejak saat itu, Nian tidak pernah datang kembali ke desa. Nian pada akhirnya ditangkap oleh 鸿钧老祖 atau 鸿钧天尊Hongjun Laozu, seorang Pendeta Tao dan Nian kemudian menjadi kendaraan Honjun Laozu.

Ampao

angpao
Ada satu yang paling kesohor tatkala tahun baru Imlek, yakni Ampao atau Ampau, menurut penjelasan wikipedia Angpau (Hanzi: 紅包, hanyu pinyin: hong bao) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Namun angpau sebenarnya bukan hanya monopoli perayaan tahun baru Imlek semata karena angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpau juga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita.
Jumlah uang yang ada dalam sebuah amplop angpau bervariasi. Untuk perhelatan yang bersifat suka cita biasanya besarnya dalam angka genap, angka ganjil untuk kematian. Oleh karena angka 4 terasosiasi dengan ketidak beruntungan – pelafalan angka 4 bisa berarti “mati” – maka jumlah uang dalam amplop angpau tidak berisi 4. Walaupun demikian, angka 8 terasosiasi untuk keberuntungan – pelafalan angka 8 berarti “kekayaan”. Makanya jumlah uang dalam amplop angpau seringkali merupakan kelipatan 8.Wah mantap juga ampao(ampaunya) saya pun jadi pengen ampao.

Barongsai

barongsai
Tarian Singa terdiri dari dua jenis utama yakni Singa Utara yang memiliki surai ikal dan berkaki empat. Penampilan Singa Utara kelihatan lebih natural dan mirip singa ketimbang Singa Selatan yang memiliki sisik serta jumlah kaki yang bervariasi antara dua atau empat. Kepala Singa Selatan dilengkapi dengan tanduk sehingga kadangkala mirip dengan binatang ‘Kilin’.
Gerakan antara Singa Utara dan Singa Selatan juga berbeda. Bila Singa Selatan terkenal dengan gerakan kepalanya yang keras dan melonjak-lonjak seiring dengan tabuhan gong dan tambur, gerakan Singa Utara cenderung lebih lincah dan penuh dinamika karena memiliki empat kaki.
Satu gerakan utama dari tarian Barongsai adalah gerakan singa memakan amplop berisi uang yang disebut dengan istilah ‘Lay See’. Di atas amplop tersebut biasanya ditempeli dengan sayuran selada air yang melambangkan hadiah bagi sang Singa. Proses memakan ‘Lay See’ ini berlangsung sekitar separuh bagian dari seluruh tarian Singa.

Hmm… Ayo… apa ada yang mau bagi-bagi ampao ke saya???

 

Sumber untuk sejarah: Wikipedia

Share

2 thoughts on “Tahun Baru Imlek 2564

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *