Tak Perlu Mahal untuk Membuat Menu Piring Gizi Seimbang

Perempuan harus pintar masak! Tidak juga, yang benar itu perempuan harus bisa masak.

Itulah yang biasa dalam benakku ketika seseorang menyandingkan antara perempuan dan masakan. Karena menurutku perempuan itu tidak harus pintar memasak yang penting bisa, bisa memasak dan mengolah masakan sesuai dengan ide-ide kreatifnya. Sejatinya memang benar perempuan itu tidak boleh jauh dari dapur dan ulekan agar bisa menyalurkan ide memasaknya dan bisa membuat bumbu yang seimbang.

Memasak tidak harus ribet, yang praktis saja.. Aku paling suka memasak yang praktis supaya tidak berlama-lama di dapur, apalagi jika masih banyak kerjaan lain yang harus di selesaikan. Tapi walaupun memilih masak yang praktis dan cepat tidak boleh asal masak, tetap harus memperhatikan kandungan gizinya, sehingga apa yang kita makan tidak hanya membuat kenyang saja tapi juga bergizi seimbang sesuai dengan PGS (Pedoman Gizi Seimbang)

Pedoman Gizi Seimbang itu seperti apa?

Pedoman Gizi Seimbang telah diperkenalkan sejak tahun 1952 , ini sebagai ganti dari slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang mengacu pada Nutrition Guide for Balanced Diet, yaitu hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia pada tahun 1992. Prinsip gizi seimbang tersebut terdiri dari 4 pilar, yang pada dasarnya merupakan rangkaian upaya untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk.

Dibawah ini ada 4 poin penting yang harus dilakukan dalam menjalani Pedoman Gizi Seimbang:

  1. Konsumsi beragam makanan
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih
  3. Melakukan aktivitas fisik
  4. Mempertahankan dan memantau berat badan.

Selain yang sudah disebutkan diatas juga terdapat panduan konsumsi sehari-hari. Yang disebut dengan Tumpeng Gizi Seimbang, yang menganjurkan untuk :

  • Membatasi asupan gula 4 sdm, garam 1 sdt, dan minyak 5 sdm.
  • Mengonsumsi sumber protein seperti ikan, daging, ayam, telur, makanan laut, kacang-kacangan sebanyak 2-4 porsi.
  • Minum air putih 8 gelas.
  • Makan sayuran 3-4 porsi.
  • Mengonsumsi buah-buahan 2-3 porsi.
  • Mengonsumsi karbohidrat 3-4 porsi.
  • Rutin berolahraga dan bergerak.
  • Memantau berat badan.
  • Menjaga kebersihan

Kalau aku mencontoh pada Menu Piring Gizi Seimbang ala SO GOOD yang  terdiri dari 15% protein berbahan dasar produk SO GOOD biar praktis dan bergizi, 15% buah, 35% sayur, serta 35% karbohidrat. Sajian menu ini bisa diterapkan sejak sarapan pagi hingga makan malam tentunya di imbangi dengan minum air putih delapan gelas sehari dan aktivitas fisik yang cukup.

 

Olahan Menu Piring Gizi Seimbang

Untuk olahan makanan menu piring gizi seimbang ala aku, saat ini sumber karbohidratnya memakai nasi khas Madura yaitu Nasi Jagung, sedangkan Protein aku pakai yang SO GOOD siap masak, jadi tinggal goreng dengan api kecil hingga kecoklatan langsung siap tanpa ribet buat bumbu-bumbu, karena sudah capai membuat bumbu untuk sayur. Sayurnya aku memasak cake (read: cake), sayur ini menurutku super lengkap ala capcay, hanya sedikit perbedaan tentunya dari segi rasa dan bumbu, jika penasaran cara buatnya bolehlah di intip karena sudah aku publish di beberapa postingan sebelumnya.

Sedangkan untuk buah aku manfaatkan buah yang sudah ada di dalam kulkas, yaitu buah apel dan buah rambutan hasil panen di pekarangan rumah. Serta sebagai pelengkapnya aku taburkan kentang goreng agar ada kriuknya sebagai pengganti krupuk.

Gimana, Mudahkan?? Tak perlu mahal dan mewah, masakan yang aku buat sudah lengkap asupan gizinya. Namun tak cukup itu saja tetap harus diimbangi dengan minum air putih dalam penyajiannya.

So, Mulai dari saat ini kita bisa mencoba berkreasi Menu Piring Gizi Seimbang dengan ide masing-masing. Untuk karbohidrat selain menggunakan nasi bisa juga diganti dengan olahan kentang atau olahan gandum, sesuai dengan selera kita. Sama halnya dengan sayur, protein serta buah. Karena beda orang tentu beda selera, sehingga tak ada lagi alasan perempuan tidak bisa masak.. Hehehe..

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *