sumber gambar

Adanya Salon Thailand di Indonesia

Thailand… Siapa yang tidak tau negara satu ini, negara yang terdapat di kawasan Asia tenggara dan merupakan anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Selain ASEAN ada juga AEC bertujuan untuk menjadikan ASEAN blok ekonomi yang lebih dinamis dan kompetitif dengan membuatnya menjadi pasar tunggal dan basis produksi pada tahun 2015 diatur oleh prinsip-prinsip terbuka, berwawasan keluar, inklusif, dan ekonomi berbasis pasar. Sehingga nantinya orang akan bebas melakukan perdagangan di berbagai wilayah ASEAN.

Sebagai pasar dan basis produksi tunggal, AEC terdiri dari lima elemen inti berikut yaitu aliran bebas barang, aliran bebas jasa, aliran bebas investasi, arus modal yang lebih bebas, dan aliran bebas tenaga kerja terampil. Oleh karena itu tidak heran jika banyak perdagangan jasa yang bertebaran di daerah Indonesia, seperti halnya jasa salon-salon Thailand. Karena kita sebagai warga Negara yang baik tidak berhak melarang warga dari Negara lain mengembangkan bisnisnya di Negara kita.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini masyarakat Indonesia sudah banyak yang menganut tren barat, mulai dari cara berpakaian, cara perawatan tubuh dan yang lainnya. Sehingga secara otomatis ini menjadi tuntutan bagi mereka yang terpengaruh tren tersebut. Bukan hal yang tabu, pada saat ini kebutuhan pergi kesalon tidak hanya dilakukan oleh kaum hawa bahkan tidak sedikit kaum adam yang perawatannya melebihi kaum hawa, dengan demikian mereka akan memilih salon yang menyediakan fasilitas lengkap untuk meni-pedi yang lengkap.

Mengingat kebebasan perdagangan seperti yang tersebut diatas dan kebutuhan pasar akan jasa salon, maka  tidak menutup kemungkinan salon-salon Thailand  yang professional dan bersertifikat akan masuk ke desa-desa, meskipun harga salon yang demikian biasanya harganya melonjak lebih mahal tapi  untuk mereka yang butuh pastinya akan dibela-belain menyisihkan sebagian uangnya demi bergaya layaknya selebritis yang dikaguminya.

Untuk menanggulangi hal-hal yang demikian Salon Indonesia harus mulai hijrah melengkapi berbagai fasilitasnya, mengikuti fasilitas yang dibutuhkan pasar, memberi pelatihan-pelatihan pada pegawainya, serta selalu melakukan studi banding pada salon-salon berkelas agar tidak tersisihkan oleh salon luar negeri seperti salon-salon Thailand, sehingga kepercayaan masyarakat yang mulai tertanam sejak dulu tidak luntur.  Sebenarnya jika dibandingkan dengan salon-salon Thailand, salon lokal tetap menang sebab salon lokal mempunyai ciri khas yang belum tentu dimiliki oleh salon-salon yang bersertifikat internasional yaitu salon lokal karyawannya ramah dan memahami bahasa pelanggan sehingga mudah mengerti kemauan pelanggan dengan demikian pelanggan akan merasa puas dengan pelayannya selain itu salon lokal harganya pasti lebih murah daripada salon-salon Thailand yang bersertifikat internasional.

Share

2 thoughts on “Adanya Salon Thailand di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *