Sumber : kobarku.blogspot.com

Pangkalan Bun, Wisata Menakjubkan yang Masih Alami

Berkunjung ke Pulau Borneo, baik untuk urusan pekerjaan, liburan, urusan keluarga, maupun urusan lainnya, tentu akan lebih baik jika menggunakan moda transportasi udara. Selain menghemat waktu tempuh, penggunaan pesawat pun akan membuat perjalanan lebih merasa nyaman karena tidak perlu kelelahan di jalan.

Saat memilih menggunakan sebuah maskapai penerbangan, umumnya orang-orang hanya akan memilih maskapai yang umum saja. Pada umumnya, mereka akan memilih maskapai yang sudah cukup terkenal seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air dan maskapai terkenal lainnya. Jika pola pikir kita masih seperti itu, maka tidak ada salahnya jika diubah sedikit, waktunya untuk mencoba maskapai lain, dengan maksud siapa tahu harga tiketnya lebih murah. 

Banyak Maskapai yang dapat dicoba salah satunya adalah Kalstar Aviation, maskapai ini memang tidak familiar seperti maskapai lainnya, apalagi untuk warga Jakarta. Tetapi maskapai ini cukup terkenal di tanah Borneo, karena destinasinya memang lebih banyak menyediakan penerbangan di daerah Kalimantan.

Sumber : promotiketonline.com

Sumber : promotiketonline.com

Kalstar Aviation mempunya tagline Adventure Borneo ini sesuai banget dengan destinasi tujuannya yang memiliki banyak jumlah penerbangan di Pulau Kalimanatan. Namun tidak hanya di Kalimantan saja yang menjadi tujuan penerbangan maskapai ini, tetapi juga terdapat beberapa tujuan ke kota lainnya seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Denpasar.

Harga tiket yang dibandrol oleh maskapai ini pun cukup murah dan terjangkau, misalkan untuk perjalanan dari Jakarta-Pangkalan Bun kita akan mendapatkan harga tiket mulai dari 660 ribuan.

Nah dengan harga tiket yang cukup murah ini bisa kita manfaatkan untuk liburan. Apalagi banyak  tempat wisata seru dan indah  yang dapat kita nikmati di Pangkalan Bun. Penasaran? Check this out!

1.Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting ini berada di Semenanjung barat daya Kalimantan tengah, dengan kota terdekatnya adalah Pangkalan Bun. Taman nasional ini merupakan tempat yang dikenal sebagai area konservasi OrangUtan yang terbesar di dunia. Dengan luasnya yang mencapai sekitar 415.040 Ha, taman nasional ini di huni oleh sekitar 30 ribu sampai 40 ribu orangutan.

Sumber : acc.co.id

Sumber : acc.co.id

Disini kita dapat melihat langsung hidup orangutan di habitat alaminya. Selain orangutan, kita dapat melihat spesies primata lainnya, seperti bekantan (jenis monyet terbesar di dunia yang hanya ada di Kalimantan), monyet pemakan daun merah, monyet pemakan daun silver, makaw ekor panjang dan makaw ekor babi.

Selain menikmati keindahan dan keanekaragaman spesies primata disini juga disediakan fasilitas yang ada di sekitar taman nasional yang sudah cukup mendukung. Seiring dengan banyaknya turis asing yang berkunjung kemari. So, jika  berada di Pangkalan Bun jangan lupa mampir kesini ya.

2. Pantai Kubu

Sebelum berwisata di Taman Nasional Tanjung Puting, tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk berwisata disini. Karena tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata transit bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting.

Sumber : wisatakerenindonesia.blogspot.co.id

Sumber : wisatakerenindonesia.blogspot.co.id

Pantai ini tepat berada di Teluk Kumai, dimana kita dapat melihat hamparan pasir yang berwarna putih kecoklatan karena adanya hutan gambut yang letaknya tak jauh dari lokasi pantai. Disini kita dapat bersantai menikmati pemandangan bersama deburan ombak, bermain olahraga air, dan makan di warung-warung yang berada di sekitar pantai.

3. Pantai Tanjung Keluang

Tak jauh dari Pantai Kubu, kita pun dapat menemukan pantai Tanjung Keluang. Kita dapat datang ke pantai ini dengan menggunakan perahu penyebrangan dalam waktu 30 menit. Jika tidak terlalu menyukai keramaian seperti yang ada di pantai Kubu, maka Pantai Tanjung Keluang ini cocok untuk berlibur.

Keheningan alam, dibalut dengan hamparan pasir putih dan air laut yang tenang, seolah menjadikan hidup lebih hidup. Disini kita dapat dengan asik berenang dan menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona.

Sumber : panoramio.com

Sumber : panoramio.com

4. Pantai Tanjung Penghujan

Pantai yang terletak diantara Desa Keraya dan Desa Teluk Bogam ini sangatlah indah. Permandangan alamnya dari waktu ke waktu pun begitu menakjubkan. Jika di sebuah pantai pada umumnya hanya dapat melihat sunset saja, atau sunrise saja. Maka di pantai ini kita dapat merasakan keduanya.

Sumber : kobarku.blogspot.com

Sumber : kobarku.blogspot.com

4. Gosong Senggora

Untuk para penikmat wisata bawah laut dan suka menyelam, maka harus datang ke gosong senggora. Karena tempat ini adalah surganya bagi kampu para penyelam. Di lahan dengan luas sekitar 100 hektar ini, Gosong Senggora hadir sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih, air laut yang jernih, dan memiliki berbagai jenis ikan laut dan karang langka.

Sumber : ariefsaray.wordpress.com

Sumber : ariefsaray.wordpress.com

Untuk para penyelam yang tidak membawa peralatan menyelam, tidak perlu khawatir karena pihak pengelola setempat sudah mempersiapkannya. So gimana, tertarik untuk berkunjung?

Di Pangkalan Bun banyak sekali keindahan alam yang dapat kita nikmati, semuanya masih alami dan sangat menakjubkan. So manfaatkan waktu luang untuk berlibur ke tempat ini.

Share

2 thoughts on “Pangkalan Bun, Wisata Menakjubkan yang Masih Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *