alamenilai

ALAMenilai Bentuk Jalinan Cinta Anak Plat-M

Menulis adalah suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang – Seno Gumira Ajidarma

ALAMenilai merupakan suatu cara yang dibuat oleh mantan klebun Plat-M untuk menyemangati teman-teman blogger Madura, terutama dalam hal tulis-menulis dan mengenalkan pulau Madura lewat dunia online. Acara ini disetting sedemikian rupa sehingga dapat merengkuh semua teman-teman Plat-M dari berbagai daerah mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga ujung pulau Madura yaitu Sumenep, yang tergabung dalam grup WhatsApp komunitas Plat-M.

Acara ALAMenilai kadang bersifat formal, kadang juga berbaur lelucon dan saling bully antar sesama anggota grup sehingga mampu melipat batas yang ada diantara anggota. Layaknya di  film-film sinetron ALAMenilai juga memiliki waktu tayang khusus yaitu tiap jumat malam pada jam 19.00 WIB. Kadang tersirat tanya kenapa harus diberi nama ALAMenilai?, padahal banyak nama yang lebih menarik, lebih keren bahkan lebih familiar tapi kenapa memilih nama itu. Apa ada yang tau kenapa??

alamenilai

Hmm.. Baiklah, seperti yang telah kita ketahui nama klebun Plat-M  yang pertama adalah Nurwahyu Alamsyah, ia kini berada dinegeri Tomingse (Taiwan) menyelesaikan pendidikannya. ALAMenilai diambil dari sebagian namanya sehingga teman-teman Plat-M akan selalu ingat padanya, walau merentang jarak puluhan ribu kilo dan tinggal di negara orang  ia tetap memantau aktivitas teman-teman Plat-M, memberi masukan, mengkritik bahkan melakukan penilaian seperti acara keren ini.

Selalu ingat kata-kata yang sering disampaikan ketika detik-detik memulai acara.

“Jangan sampai terlewatkan ini acara mahal !!”.

Dan kata-kata yang selalu memotivator  bak ultimatum ala Alam

“Percayalah,  blog kita ada yang menilai !!”

Kata-kata ini selalu menjadi pemicu teman-teman Plat-M untuk rajin menulis, share tulisan  dan aktif bertanya.

Pada edisi awal ALAMenilai ia melakukan review  dan penilaian pada setiap blog anggota Plat-M, satu episode satu blog. Ia membongkar isi blog dari berbagai sisi,  mulai dari pemberian judul, layout, penulisan  dan kemudian diberi hasil penilaian ala Alam, bahkan blog abal-abal macam tak terurus seperti punyaku ini juga turut ia nilai.

IMG-20151211-WA0005

IMG-20151211-WA0009

Semakin lama episode berjalan  ALAMenilai pun kembali memberi warna baru dalam strategi penilaiannya. Ia tak lagi mereview blog anggota tapi memberi petuah dan materi yang berhubungan dengan kredibilitas blog. Bahkan ia berupaya menerima materi request dari anggota grup seperti Job Review, dan membentuk sesi ALAMenilai menjadi sebuah acara layaknya acara Mata Najwa ala ALAM. Harapannya tak lain hanya untuk menggelorakan Madura,  agar tidak ada lagi orang yang memandang negatif ketika mendengar kata madura serta menyemangati anggota Plat-M untuk selalu menulis serta meraih recehan rupiah dari blog.

ALAMenilai juga pernah membahas tentang anggapan salah tentang Madura. Pada episode ini Alam mencoba menyusun paragraf dengan keyword yang berbeda di tiap paragrafnya. Ia merangkai kata pada satu paragraf  dan untuk paragraf selanjutnya ia akan menyebut salah satu nama anggota grup ALAMenilai secara random untuk melanjutkan tulisan tersebut. Tak jarang dari anngota grup termasuk aku berasa dag-dig-dug menunggu nama siapa yang akan disuruh melanjutkan kalimat selanjutnya.

Keren kan.. kita dituntut untuk mampu merangkai kata indah yang tak sempurna namun berarti  dengan deadline waktu dalam hitungan menit. Kata demi kata pun terangkai tanpa sengaja kadang terselip majas yang ikut berperan di dalamnya membumbu indah menjadi susunan kalimat dalam sebuah paragraf.  Acara keren dengan pemandu yang keren. Acara ini sangat bermanfaat sekali terbukti saat ini banyak anggota Plat-M yang rajin menulis dan  banyak typo yang sudah mulai berkurang pada tulisan mereka.

Share

8 thoughts on “ALAMenilai Bentuk Jalinan Cinta Anak Plat-M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *