abc

Behind the scene #10daysforASEAN

#10daysforASEAN udah usai beberapa hari yang lalu namun masih banyak tersisa cerita  menarik dibalik semua itu. Mengikuti trip #10daysforASEAN serasa kembali ke jaman-jaman waktu sekolah pas mau ngadepin ujian dan referensinya ngalah-ngalahin kayak mau nyusun  tesis. Tapi untuk mbah google dan Wikipedia suka menolong dan tidak sombong.

Saya orang yang tidak begitu mengurusi masalah politik, hukum maupun ekonomi tapi kalau masalah budaya saya memang tertarik baik yang di Indonesia maupun yang di Negara-negara ASEAN lainnya. Begitu juga dengan masalah sejarah karena biasanya kalau mata pelajaran sejarah bawaannya selalu ngantuk.

abc

Sejak ikutan #10daysforASEAN tiap hari disuguhi dengan berbagai macam tema, mulai dari yang kelihatan mudah sampai yang benar-benar membuat kepala pussing. Tema yang disuguhkan pun harus dibuat dan di deadline jadi tidak menutup kemungkinan juga harus lembur demi nyelesain tulisan, namun Alhamdulilah saya tidak pernah absent jadi saya benar-benar tertantang untuk mengikuti trip #10daysforASEAN.

Banyak hikmah yang saya peroleh dari lomba ini selain mengharapkan hadiahnya biar bisa punya HP yang smart,  pengetahuan saya pun juga ikut bertambah, karena memang benar-benar dikasih masalah dan harus memeberi solusi untuk penyelesaian masalah dan kebanyakan saya masih awam dengan masalah yang diberikan seperti masalah Visa di Myanmar.  Jadi tab browser full dengan referensi yang harus dibaca di cermati kemudian di ambil intinya.

Sebenarnya tema dari panita itu sesuai dengan 3 pilar komunitas ASEAN 2015 yaitu politik, ekonomi dan social budaya. Jujur saya salut dengan panitia yang sungguh kreatif membuat tema yang sedemikian rupa, sehingga benar-benar membuat kepala muter-muter mikirnya, banyak dari peserta putus ditengah jalan dalam mengikuti trip ini. Pengen deh kenalan dengan mereka.. .

Mengingat tema yang diberikan tiap hari selalu berbeda dengan membidik Negara yang berbeda juga. Akhirnya postingan blog dan status FB saya juga mengikuti tema yang di tentukan, dan hal ini menyebabkan banyak dari teman-teman saya yang mengira kalau saya liburan ke luar negeri keliling ASEAN  beneran, dan tidak sedikit pula dari mereka yang sms, chat menanyakan keberadaanku. Serta ada komen di blog yang membuat saya tersenyum

komen

Hanya senyum balasan untuk mereka sembari berucap kata Amiiiinnn semoga bisa keliling ASEAN beneran,,,

asean

Tiap hari posting 1 tulisan dengan tema yang ditentukan, ini loh teman tulisanku tentang ASEAN selama 10 hari .

hari 1 Adanya Salon Thailand di Indonesia

hari 2 Persamaan Relief Bukti nyata Serumpunnya Negara ASEAN

hari 3 Brand of nation The Wonderful Tropical Land

hari 4 Bebas Visa Keinginan Para Wisatawan

hari 5 Indonesia dan Vietnam Bersama-sama Menduniakan Kopi

hari 6 Secercah Harapan Untuk Laos di ASEAN 2015

hari 7 Sengketa Perbatasan Pengaruhi Keutuhan ASEAN

hari 8 Keterbatasan Berekspresi dan Informasi Mematikan Dunia Pers di Filipina

hari 9 Sisihkan Perbedaan dan Bersatulah Menuju ASEAN 2015

hari 10 Jakarta Diplomatic City of ASEAN yang Siap Menjadi Tuan Rumah ASEAN

dari 10 hari 10 negara 10 tema.. lengkap kan??, mulai dari sosial, budaya, politik dan ekonomi. Padahal saya sangat awam dengan semua itu.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *