DSCN1615

Ancang Camilan Khas Madura yang Terlupakan

Rasa manis yang sangat legit, kalo gigi yang sensitif langsung ngilu.

Rasa gurih dan kriyuknya senantiasa teringat saat mendengar kata ini.

Habis manis sepah di buang , Padahal ancang manis kenapa harus di lupakan

Ancang, bukan berarti ancang-ancang yang sering kali kita dengar yang tak lain berarti planing. Ancang merupakan salah satu jajanan khas Madura yang biasanya kita temui di PKL atau pada saat ada ramai-ramai seperti mantenan atau imtihanan  makanan ini  pasti menjadi suguhan pertama dan banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.  Begitu pula di warung-warung  nasi biasanya ancang disuguhkan sebagai makanan pencuci mulut yang di taruh di toples bersama dengan Rengginang dan kripik Tette.

page

Namun seiring bergantinya jaman  dan kemajuan jajanan, makanan khas ini pun mulai tergantikan dengan yang lain dan mulai sulit ditemui walau ada acara manteman, imtihanan ataupun lainnya. Sehingga sulit sekali untuk menikmati jajanan  khas ini bahkan mungkin sudah mulai terlupakan nama, bentuk maupun rasanya.

DSCN1615

Jajanan Ancang memiliki rasa yang sangat unik. Manis dan gurih, hal ini tidak lain karena terbuat dari kacang tanah dan gula pasir, dan rasa ini yang menjadi ciri khasnya dan masih diminati di banyak kalangan terutama para pecinta makanan manis.

Minggu kemarin saya mencoba belajar membuat jajanan ini, ternyata cukup simple dan cepat sekali prosesnya karena berbahan dasar gula  yang mudah sekali mengkristal, namun rasanya tidak secepat proses pembuatannya karena cukup makan satu buah saja sudah  terasa enakknya.

DSCN1611

Nah.. Gimana?? Udah tahu kan, kalau di Madura itu makanannya tidak hanya rengginang saja. Masih ada Ancang dan masih banyak yang lainnya. Yuk kita lestarikan jajanan khas Madura ini,

Share

4 thoughts on “Ancang Camilan Khas Madura yang Terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *