nasi pie

Nasi Pae (Cake) Suguhan Khas Sumenep Untuk Acara Pernikahan

Rasanya gurih, nikmat, ada sedikit manis dan disisi lain ketika mencicipi potongan itu berubah jadi gurih renyah dan pastinya bikin kenyang serta bikin ketagihan. Setelah sepiring habis baru terpikirkan untuk bertanya “Makanan ini apa namanya??” Haddeehh… melengok sana-sini semua pada menggelengkan kepala dengan maksud tak tahu namanya.

Nasi Pae  itulah namanya, tapi jangan salah meskipun namanya nasi tapi disana tidak akan ditemukan nasi walau hanya sebutir, Kenapa? Karena sudah tergantikan dengan olahan kentang dan telur, sehingga rasanya berbeda dari nasi-nasi yang biasanya kita temui.  Kentang dan telur diolah sehingga berbentuk olahan layaknya olahan kue kemudian di oven dan dipotong menyerupai kue.

nasi pie

Rasa gurih berasal dari kuahnya yang sedikit bersantan, awalnya saya kira kaldu karena sekilas memang seperti kaldu tapi setelah dicicipi rasanya jauh lebih enak dari kaldu. Kuliner ini biasanya di suguhkan dengan potongan daging yang berbentuk dadu serta kacang polong sehingga tampilannya menarik dan membuat yang melihatnya menjadi tergiur untuk segera mencicipinya.

Untuk yang suka pedas tidak perlu kwatir karena penyajian kuliner ini juga dilengkapi dengan cabai yang sudah di masak walaupun masih berupa cabai utuh, jadi kita bisa langsung menghancurkan cabainya tersebut. Karena menurut info yang ku dapat nasi Pae yang rasanya gurih ini kalau tidak dinikmati dengan rasa pedas maka akan eneg alias cepat bosan, tapi kalau menurutku itu hanya tergantung selera dan rasa saja karena aku menikmati tanpa cabai dan itupun baik-baik saja.

Nasi Pae ini ada dua macam rasa ada yang gurih seperti yang sudah aku nikmati dan ada juga yang manis. Untuk nasi Pae yang rasanya manis itu disebut Cake (Baca: Cake). Dan keduanya sama-sama tidak diperjual belikan secara bebas alias masih terasuk makanan langka. Jika ingin mencicipi harus menunggu acara pernikahan karena tradisi waktu pernikahan biasanya memang selalu ada makanan yang satu ini.

Share

21 thoughts on “Nasi Pae (Cake) Suguhan Khas Sumenep Untuk Acara Pernikahan

  1. Huwaaa mau donk mbak, hayo kapan aku ditraktirin makanan kayak gini? ya kalo gak ada, bebek songkem aja dah 😀

  2. Ralat mbak ya…namanya bukan nasi pie…tapi MASAK PAE…
    Makanan pembuka saat resepsi nikahan saja…dan ga pake santan 😉

  3. Terimasih artikelnya mbak. Saya orang sumenep mbak, saya ralat ya mbak masakan ini namanya masak pae. Ada lagi “CAKE” bedanya dia gak ada PAE nya yang kentang kuning oven itu. Terus kalo cake ada tambahan keripik dari kentang biasanya. Ini masakan khusus untuk pernikah. Yang jual diluar acara nikahan hanya satu dan harganya cukup wah. Biasanya masakan ini atau cake di barengi sama nasi goreng khas sumenep yang gurih dengan lauk abon sapi, ayam bumbu hitam, telur dadar suir dan krupuk amplang, yang mau mencoba datang aja ke sumenep dan harus pakaian rapi ya… nanti cari aja acara nikahan digedung2. Hehehe

  4. Sekarang masak pae sudab bisa di beli di resto “Amanis” punya rumah makan kartini, jadi bisa di nikmati tiap hari heh, ga harus nunggu acara nikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *