DSSSA11-20120109-070515

Topa’ Ladeh alias Pa’ Ladeh

Pa’ Ladeh demikian orang-orang menyebutnya,  pa’ ladeh ini merupakan kependekan dari topa’ ladeh karena orang Madura itu unik dan seuka menyingkat  segala  sesuatu makanya diambil gampangnya jadi pa’ ladeh atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia jadi ketupat ladeh.  Selama ini saya tinggal di kabupaten bangkalan baru kali ini saya melihat cara pembuatan salah satu makanan khas kabupaten ini. Pa’ ladeh ini memiliki keunikan  tersendiri dalam pembuatan serta penyajiannya, dan saya masih merasa keheranan melihatnya,

Kemarin  tanggal 7 januari 2012 dikos saya ada pengajian rutin dan  saya di ajak ibu kost untuk membantu membuat makanan itu, sebelum-sebelumnya saya tidak pernah makan makanan tersebut apalagi membantu membuatnya, jadi menurut saya ada beberapa hal unik dari pebuatannya baik  dari segi bahan maupun penyajian, sebenarnya bahan dari pa’ ladeh ini sagat sederhana dan mudah ditemui dipasar hanya saja waktu pembuatannya memang memakan waktu yang cukup lama.

Bagaimana cara membuatnya??

Ada beberapa hal unik yang saya temui dalam memasak pa’ ladeh ini, diantaranya pada penggunaan  kacang panjang, kacang panjang yang di pakai pada pembuatan pa’ laddeh di potong kira-kira 5 cm kemudian di kelompokkan satu kelompok isinya 4 potong kacang panjang dan diikat dengan raffia, sebenarnya mungkin ada sejarah tersendiri  dari hal unik ini , ketika saya ke ibu kost beliau Cuma bilang “saya pakai empat dalam seikatnya soalnya anak saya ada 4 orang”, dari penjelasan ibu kos, saya sedikit tertawa, masak demikian??

Kuah dari pa’ ladeh ini tidak terbuat dari santan, tapi terbuat dari kepala yang di parut kemudian disangrai dan di tumbuk halus sampai lembut, hasil tumbukan tadi dicampur dengan kaldu dengan bumbu urap, ngerti bukan bumbu urap…

Setelah kuah itu dicampur dan di masak hingga mendidih kemudian ikatan kacang panjang tadi dimasukkan bersama dengan potongan daging dan kikil, melihat kuahnya langsung deh lapar…

Eits :) , ini masih memasaknya, belum pada penyajiannya,..

Gimana yah cara penyajiannya??

Penyajian dari pa’ ladeh ini tidak kalah unik dengan cara memasaknya, kuah tadi di sajikan bukan dengan nasi melainkan dengan lontong atau ketupat, selain itu nantinya di campur dengan urap-urap , kecambah dan cabe rawit serta irisan daun bawang yang diris tipis,

 

Kebayang kan, masakan berkuah dicampur dengan urap-urap.. ??? :))

Inilah sedikit cerita saya tentang pa’ Ladeh… makanan Khas Kabupaten Bangkalan

Share

28 thoughts on “Topa’ Ladeh alias Pa’ Ladeh

  1. Mm…. dari melihat aja kelihatannya uenak banget….. Kapan bisa merasakan Pa’Ladeh ini ya? Mbak Aiko dari Madura ya?

  2. Hem ternyata banyak juga pustaka kuliner yah..di Bangkalan…semoga aja disini sering update informasi pustaka kuliner lokal :)

    EH btw, aku pernah denger yang namanya Srikaya katanya juga khas ketika ada acara hari raya..itu kek gimana sih? *rekuest posting* dan *rekuestkirim* :)

  3. This design is incredible! You most certainly know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  4. Hi there just wanted to give you a quick heads up. The text in your content seem to be running off the screen in Safari. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I figured I’d post to let you know. The design look great though! Hope you get the issue resolved soon. Kudos

  5. Superb blog you have here but I was wondering if you knew of any community forums that cover the same topics discussed in this article? I’d really like to be a part of group where I can get advice from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Many thanks!

  6. Please let me know if you’re looking for a writer for your weblog. You have some really great articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an email if interested. Thanks!

  7. Hi there this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  8. Hi there! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting a new project in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a marvellous job!

  9. Heya just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading correctly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.

  10. Great content, sincerely, Dr. Jones,

    Dental Health and Wellness Boston
    31 State Street, 7th Floor, Boston, MA 02109
    (617) 910-4780

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *