P1020104

Mulai dari mengenal sejarah berakhir dengan menikmati indahnya laut

Hanya sebuah ulasan tentang perjalananku dan teman-teman Blogger ke Sumenep dalam rangka merayakan tanggal jadi blogger Plat-M yang ke-3.

P1020061

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mulai dari konsep, tempat dan yang lainnya. Konsep yang begitu menarik dipilih oleh teman-teman Plat-M yaitu ‘Toron Tana’ yang berasal dari bahasa Madura kalo dalam mahasa kerennya dikenal dengan ‘Down to Earth’.

Kenapa milih Down to Earth??

Madura itu luas  dan kaya dengan tempat-tempat bersejarah dan tempat pariwisata  sehingga kembali ketujuan awal yaitu untuk memperkenalkan dan mengeksplorasi budaya Madura ke dunia luar sehingga nantinya bisa menduniakan Madura atau me-Madurakan dunia. Walaupun anggota Plat-M yang ikut acara Down to Earth kebanyakan orang Madura namun setelah ditanyakan mereka banyak yang masih baru pertama kali mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Berawal dari mengenal Sejarah

Rangkaian acara setelah Otema yang disampaikan oleh bapak M.Faizi yang waktu itu memperkenalkan bukunya yang berjudul ‘Merentang Sajak Madura-Jerman’ yang merupakan catatan perjalanan beliau selama ke Berlin.

P1010920

Yaitu perjalanan ke Keraton Sumenep dengan di dampingi guide yang bertugas aku dan teman-teman di ajak melihat peninggalan-peninggalan bersejarah mulai dari Alquran  gede, Kereta Kencana, Prasasti-prasasti sampai pada Senjata-senjata dan Pemandian puteri raja yang dikenal dengan sebutan Taman Sare

IMGP10109661 P1010988

Selepas dari Keraton Sumenep perjalanan pun dilanjut ke wisata Religi yah itung-itung sambil Ziarah kita mengenal sejarah Raja-Raja Sumenep di Asta Tinggi,

P1020019 P1020043

Juru Kunci pun menceritakan kepada teman-teman Plat-M tentang silsilah kerajaan Sumenep. Takjub kagum seraya berucap Subhanallah ketika mendengarkan cerita-cerita tentang raja-raja yang sungguh hebat, kekaguman pun berlanjut setelah kita melihat Kubah (nisan) raja yang penuh dengan ukiran-ukiran.

P1010996 P1020008

Berakhir dengan menikmati indahnya laut

Setelah acara dikeraton dan Asta tinggi selesai berlanjut ke yang paling di tunggu-tunggu ‘Potong Kue’ di tepi pantai beralas pasir putih beratap langit ditemani semilir angin dan gemuruh ombak pantai Lombang… sebelum acara dimulai ternyata kita dapat surprise dari Plat-M tentang Plat-M dan untuk Plat-M. Ucapan terima kasih saya haturkan pada teman-teman saya diperkenankan sebagai orang pertama yang membuka kado dari Plat-M.

P1020057

Tak lupa pula berbagi tanda tangan di selembar kain putih sebagai bentuk  dukungan, semangat untuk Plat-M kedepannya.

P1020092

Setelah acara kelar semua disibukkan dengan menikmati indahnya pantai naik perahu, mandi air laut, mandi pasir, dll.

P1020104 P1020096 P1020115

Hanya sebuah catatan kecil ketika di ujung pulau Garam

Happy Birthday My Community..

Be Happy…

Happy Blogging  n Life is Beautiful…

Share

6 thoughts on “Mulai dari mengenal sejarah berakhir dengan menikmati indahnya laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *