motogp-stories-and-news

Sistem Poin Penalti di Perkenalkan MotoGP pada Musim 2013

motogp-stories-and-news

Beda dengan tahun 2012, tahun 2013 nanti akan ada perubahan peraturan yang  diterapkan di kompetisi MotoGP. Sebuah sistem poin penalti dengan hukuman maksimal yang berat akan digunakan.

Sistem poin penalti ini diperkenalkan sebagai jawaban atas kelakuan negatif seorang pebalap seperti membahayakan pebalap lain atau melakukan pelanggaran serius lainnya seperti menyerang marshall dan ofisial. Jumlah poin penalti berkisar antara satu sampai sepuluh, dengan sanksi diterapkan pada batas tertentu.

Setiap pebalap yang mencapai empat poin penalti akan mengawali balapan berikutnya dari posisi paling belakang. Pebalap yang mencapai tujuh poin penalti akan mengawali balapan berikutnya dari pitlane, sementara yang mencapai sepuluh poin penalti akan dilarang tampil di balapan berikutnya.

“Telah diakui ada kebutuhan untuk mengatasi masalah pebalap yang terus-menerus diperingatkan atau dihukum karena membahayakan pebalap lain atau melakukan pelanggaran serius lainnya seperti menyerang marshall atau ofisial lain,” demikian pernyataan Komisi GP di situs resmi MotoGP.

“Untuk mengatasi masalah itu sebuah sistem poin penalti baru telah diterima. Race Direction bisa menghukum seorang pebalap dengan sejumlah poin penalti dari satu sampai sepuluh.”

Lebih lanjut lagi, dijelaskan bahwa kalau seorang pebalap sudah terkena penalti sepuluh poin, maka poin penaltinya akan kembali ke nol lagi. Poin penalti ini juga tak akan dihitung ke musim berikutnya.

 

sumber: http://sport.detik.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *