IMG_20160227_100449

Bukit Pelalangan Arosbaya, Arizona Versi Madura

Alam selalu menyuguhkan keindahan yang seolah-olah berkumandang mengagungkan Sang Pencipta. Lewat tangan-tangan kreatif manusia terciptalah berbagai macam keindahan, tentunya tak lupa dengan dukungan alam sekitar. Jika di Arizona sangat terkenal dengan keindahan bukit Colorado Plateau, yang bahkan katanya merupakan bukit terindah didunia. Madura juga tidak mau kalah dengan beberapa bukit yang dimilikinya.

Madura sepertinya sudah mulai menjadi sorotan publik untuk berbagai sektor wisata yang ada disana. Dari ujung barat hingga ujung timur tempat wisatanya sudah berbenah, banyak tempat wisata baru tercipta. Di kabupaten Bangkalan ada beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan diantaranya adalah Bukit pelalangan.

Bukit Pelalangan merupakan suatu tempat wisata yang asal muasalnya adalah tempat penambangan batu kapur. Namun batu yang biasa ditambang ditempat tersebut warnanya agak kecoklatan tidak seperti batu kapur pada umumnya, sehingga bekas tambangnyapun tidak berwarna putih melainkan berwarna cokelat, eksotis.

Bukit ini Terletak kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan tepatnya di desa Bherballuk, ini masih dalam satu kawasan dengan wisata religi Pesarean Rato Ebu Bangkalan atau yang lebih dikenal dengan Aer Mata, sehingga pencarian bukit ini mudah untuk ditemukan. Bahkan tidak menutup kemungkinan para peziarah Aer mata, juga sekaligus melipir untuk menikmati keindahan bukit Pelalangan.

Perjalanan menuju ke Bukit pelalangan, akan disuguhkan dengan jalan yang naik-turun berbelok-belok layaknya jalan pegunungan, dipinggirnya adalah rumah warga yang tertata rapi, sehingga tidak heran jika berjalan kaki menuju ketempat ini kita akan bertemu dengan banyak warga dengan kesibukan aktifitasnya. Sebelum memasuki kawasan bukit, kita akan melewati jalan yang sangat curam, bahkan mungkin kalau musim hujan tempat ini sangat licin jika melihat dari struktur tanahnya. Kanan-kiri jalan tersebut adalah makam warga, tapi tidak perlu takut karena disekitar tempat tersebut ada banyak warga yang sedang menambang batu.

Bekas tambang batu tersebut nantinya akan membentuk relief-relief cantik seperti yang ada saat ini, bertrap-trap seperti sebuah ukiran batu dengan relief persegi panjang. Semakin jauh menjelajahi bukit tersebut maka pemandangan yang disuguhkan juga semakin bagus, tinggi rendahnya bentuk tebing bukit dengan bentuk yang berbeda-beda membuat tempat ini semakin eksotis. Ada yang berbentuk gapura, ada yang berbentuk Goa-Goa cantik, ada yang berbentuk tempat duduk, ada yang berbentuk tangga bahkan ada juga yang bentuk mirip kubah masjid. Entah bagaimana caranya tempat ini bisa berbentuk sedemikian cantik, layaknya diukir oleh seorang arsitektur handal.

Bukit Pelalangan

Keasrian tempat ini masih sangat terjaga, hal ini terlihat dari banyaknya tumbuhan paku yang tumbuh disekitar bukit, serta tumbuhan-tumbuhan liar lainnya juga tumbuh disana, sehingga tempat ini tidak sepanas bukit yang lain. Akar-akar menjuntai panjang, melilit pada permukaan bukit, ada beberapa akar yang masih meneteskan air dari ujungnya. Sudah bisa dipastikan setiap sudut di dalam bukit memiliki keindahan tersendiri yang mampu membuat kita terpesona dan bisa berlama lama menikmatinya. Namun sangat disayangkan di Bukit Pelalangan masih belum ada fasilitas-fasilitas umum, seperti toilet, musholla, tempat penjual makanan dan minuman.

Bukit Pelalangan ini sudah mulai menjadi destinasi wisata favorit saat ini yang sangat kekinian dan instagramable karena banyak spot pengambilan foto yang sangat menarik bagi para fotografer. Bukan hanya itu saja, Bukit Pelalangan ini dijadikan sebagai salah satu spot menarik untuk mengambil foto Pre Wedding, foto welfie atau selfie. Sehingga tidak salah kalau banyak orang yang mengunjungi tempat keren ini sangat beragam, mulai dari anak muda, komunitas, hingga ibu-ibu sosialita juga tertarik untuk menghabiskan liburan ditempat ini.

Lokasi yang sangat stategis sangat mendukung keberadaan tempat wisata ini, banyak mobil-mobil parkir berjejer disekitar bukit. Pengunjung tidak hanya merupakan wisatawan lokal Madura tapi juga dari berbagai daerah. Untuk para pengunjung yang berasal dari luar Madura dapat memanfaatkan travel-travel untuk sampai ketempat ini atau menggunakan jasa sewa mobil surabaya , sehingga lebih mudah dalam perjalanan. Karena jika menggunakan jasa angkutan umum masih harus ganti angkutan sekitar dua kali.

Share

One thought on “Bukit Pelalangan Arosbaya, Arizona Versi Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *