Finally, Cake Berhasil Dibuat

Cake (read : cake ) beberapa waktu silam aku pernah menulis tentang makanan ini, tapi aku menyebutnya Pie karena memang pasangan cake ini sama pie (Cake itu sayuran berkuahnya, sedangkan Pie adalah potongan olahan kentang). Makanan limited edition ini biasanya hanya dapat di temui saat kondangan, untuk menu rumahan atau rumah makan masih terbilang limited sekali, katanya sih karena lama proses masaknya.

Sekilas, masakan cake tak jauh berbeda dengan capcay, karena sama-sama vegetarian dengan campuran sayur yang sangat komplit hanya pada rasa memang berbeda. Sebenarnya tak pernah terpikirkan untuk membuat masakan ini, karena memang belum pernah membuat, mencicipi makanan inipun baru tiga kali, terakhir sudah beberapa bulan yang lalu sehingga agak kesulitan untuk mengingat rasanya.

Entah dari mana munculnya ide untuk memasak cake, tiba-tiba iseng nyari di mbah google dan aku ditujukan pada web masakan yang sudah tidak asing karena sering banget nyoba beberapa resep dari web itu. Tanpa pikir panjang langsung melakukan sidak ke pasar untuk membeli beberapa bahan yang di butuhkan

Bahan-bahan untuk membuat Cake:

ยผ daging sapi / jeroan ayam (aku pakai jeroan ayam, karena stok daging sudah di masak soto)
Sosis (sesuai selera, aku pakainya sosis yang sudah masak)
ยผ wortel
ยผ kembang kol
1 buah sawi putih
ยผ kentang
Kubis (aku beli 3K )
1 buah jagung manis
2 batang bawang prei
1 buah bawang Bombay
Seledri
Saus Tomat
Roombutter (Aku pakai margarine blueband)
Gula, garam dan penyedap rasa
Cabe keriting (Sesuai selera, aku pakai 2 karena tidak doyan pedas)

Setelah semua bahan terkumpul langkah pertama mengeksekusi kentang dan jeroan ayam, karena ini yang lumayan membutuhkan waktu lebih. Kentang dikupas, kemudian dipotong kecil-kecil tipis dan digoreng hingga berbentuk keripik kentang. Sedangkan jeroan, setelah dibersihkan kemudian di masak hingga matang, digoreng dan di iris-iris sesuai selera.

Selanjutnya menyiapkan bumbu Cake yang dihaluskan:

6 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3cm jahe
Merica (jangan terlalu banyak)
2 buah cabe besar.

Setelah semuanya siap, bisa langsung memasak. Karena ini vegetarian masaknya jangan sampai over cook karena katanya tidak bagus. Estimasi waktu 30 menit cukup untuk memasak cake.

  1. Siapkan bahan-bahan kubis, sawi putih, kembang kol, wortel, bawang prei, bawang bombai, jagung manis dan seledri. Bersihkan kemudian dipotong-potong sesuai selera, kembang kol yang sudah di potong-potong direndam sebentar dengan air garam, untuk bawang prei dan bawang Bombay di iris-iris kasar.
  2. Tumis bawang prei dan bawang Bombay yang sudah diiris kasar beserta bumbu halus sampai harum, masukkan air sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan potongan jeroan ayam, wortel, jagung manis dan kembang kol, masak sebentar kemudian menyusul kubis, daun seledri, cabe dan sosis.
  4. Masukkan saus tomat, gula, garam dan penyedap.
  5. Setelah hampir matang, masukkan roombutter kemudian di cek rasanya.
  6. Jika sudah pas, sajikan dengan pelengkap taburan kentang goreng.

Setelah di ingat-ingat rasanya memang sebelas-dua belas dengan Cake yang pernah aku makan saat kondangan, hanya saja yang di kondangan itu lebih kental mungkin ditambah dengan sedikit tepung maizena.

Yuk.. budayakan hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan memasak sendiri.

Share

One thought on “Finally, Cake Berhasil Dibuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.