Malaysia Healthcare

Berburu Wisata Kuliner Sekaligus Mengenal Wisata Medis di Malaysia

Membahas tentang wisata siapa sih yang tidak pengen apalagi sudah hampir setahun tidak bisa kemana-mana, tapi untuk sementara keinginan untuk pelesiran itu di tahan dulu karena pandemic masih betah di bumi tercinta ini, tapi tidak ada salahnya jika kita mulai mengagendakan buat liburan setelah pandemic ini berlalu. Membahas tentang wisata akhir-akhir ini aku mulai bikin oret-oretan tentang tujuan wisata yang ingin sekali dikunjungi dalam waktu dekat. Ini semacam impian berwisata gitu, baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Untuk luar negeri rasanya tidak pengen yang jauh-jauh dulu cukup ke negeri tetangga saja seperti ke Negeri Jiran, semoga saja bisa terlaksana dalam waktu dekat ini.

Berwisata Kuliner di Malaysia

Ada beberapa alasan kenapa aku memilih Negara Upin-Ipin ini, Malaysia memiliki wisata yang menarik mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam serta wisata-wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun yang membuatku tertarik berkunjung ke negeri ini adalah wisata kulinernya apalagi jika dengar tentang Roti Canai atau yang dikenal juga dengan Roti Prata yang cukup terkenal di Negara itu, karena kulinerlah yang biasanya akan dicari duluan saat sampai di lokasi yang baru aku kunjungin.

Malaysia Healthcare
sumber : IG: @medtourismmy.id

Ada beberapa wisata kuliner yang rasanya wajib kita kunjungi saat ke Malaysia, diantaranya:

Pasar Pagi Ipoh

Malaysia Healthcare
Sumber: https://medicaltourismmalaysia.id/

Ipoh merupakan ibu kota negara bagian Perak yang letaknya sebelah utara Kuala Lumpur. Pasar ini buka pada hari minggu saja mulai dari pukul 7 pagi sampai 1 siang. Disini kita bisa menemukan kuliner unik berupa Ipoh Noodle atau Mie Ipoh, Ipoh Sar Hor Fun dan Ayam Asin yang cukup terkenal karena keunikan cara memasaknya.

Night Street Food, Jalan Alor

Jalanan yang satu ini adalah tempat wajib para pecinta kuliner kala berkunjung ke Kuala Lumpur! Jalan Alor sangat ramai dan disesaki wisatawan pada malam hari, ini merupakan wisata kuliner kaki lima ala Malaysia. Jalan Alor juga bisa dibilang sebagai surga makanan di Kuala Lumpur. Sepanjang jalan, kita bisa memilih menu yang di sukai. Mulai dari masakan China, makanan laut, masakan Thailand, masakan lokal Malaysia semuanya dapat ditemukan di sini.

Hawker Stalls, Chinatown

Untuk pecinta kopi dan susu, rasanya kurang afdol jika ke Malaysia tidak berkunjung ketempat satu ini. Tempat ini menawarkan beberapa jenis minuman favorit mulai dari Teh O (teh tanpa susu), Teh Ais (es teh susu), Teh O Ais (es teh dengan sedikit susu), dan kopi tongkat ali gingseng.

SS2

Tempat ini wajib dikunjungi buat kalian pecinta durian, durian di Malaysia yang terkenal nggak cuma Musang King saja, tetapi masih ada banyak durian lain yang harus dicoba seperti Durian Udang Merah, Durian D24, Durian XO, dan banyak lagi. Yang bikin unik dari area ini adalah banyak tempat yang menyediakan All You Can Eat Durian.

Bangsar

Jangan pernah melewatkan tempat ini saat nanti berkunjung ke Malaysia karena ditempat ini banyak makanan favorit yang bisa memanjakan lidah. Kebanyakan restoran di sana menawarkan makanan khas India, namun dengan harga yang ramah dikantong.

Membahas tentang tempat kuliner rasanya tidak ada habisnya, masih banyak tempat kuliner yang menarik dan terkenal yang bisa kita samperin saat berkunjung ke negeri Jiran ini. Namun sekalian berkunjung ke Malaysia tidak ada salahnya jika sekalian melakukan pemeriksaan kesehatan. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau pemeriksaan kesehatan di negeri Upin-Ipin ini banyak diminati oleh orang-orang dari negera lain terutama Indonesia. Bahkan mereka ada yang memang sudah mempersiapkan diri untuk Jalan-jalan sambil berwisata medis di Malaysia. Yah, itung-itung sambil menyelam minum air.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

MHTC merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia, serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien- pasien dari Indonesia yang ingin berobat dan membutuhkan informasi berobat di Malaysia (Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Sabah, Sarawak, dll).

Malaysia Healthcare
Sumber https://www.mhtc.org.my/

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar, Vietnam. Organisasi ini memiliki yang memiliki tagline “Quality Care for Your Peace of Mind” sudah banyak bekerja sama dengan berbagai macam stakeholder mulai dari perusahaan penerbangan, agen perjalanan, hotel, dan banyak lagi. Sehingga mereka memberikan pelayanan ‘end to end’ bagi pasien yang ingin berobat.

Malaysia Healthcare
Sumber : https://malaysiahealthcare.org/

Kenapa Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

Ada alasan tersendiri mengapa mereka memilih Malaysia menjadi tempat wisata sekaligus melakukan pengobatan, salah satunya karena MHTC ini selalu mengedepankan kualitas, kemudahan akses serta harganya yang terjangkau. Dan yang paling penting MHTC tidak pernah membeda-bedakan pasien, baik yang dari Malaysia maupun dari negara lain tetap mendapatkan fasilitas yang sama bahkan biaya pengobatan yang dibebankan pun sama dengan masyarakat Malaysia serta tidak ada biaya tambahan.

Selain alasan diatas ada juga alasan lain yang membuat banyak orang memilih pengobatan di MHTC yaitu: Kualitas Kelas Dunia, memiliki akses yang mudah, Harganya sangat kompetitif & terjangkau, Kemudahan dalam komunikasi sehingga tidak perlu bingung tentang bahasa yang akan digunakan, yang paling penting untuk warga muslim karena MHTC mempunyai label Halal Global, serta bonusnya kita bisa sambil lalu traveling.

Tak perlu bingung untuk melakukan pengobatan di MHTC karena sudah banyak rumah sakit yang merupakan bagian dari organisasi ini. Yaitu : Penang Adventist, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye Specialist Centre, Mahkota Medical Centre, Sunway Medical Centre, Alpha Fertility Centre, Institut Jantung Negara, Pantai Hospital Group, Prince Court Medical Centre, dan masih banyak lagi rumah sakit yang lainnya.
Nah untuk teman-teman yang mau berkunjung ke Malaysia untuk tujuan wisata setelah pandemic berlalu , bisa loh sambil lalu menambahkan agenda untuk berwisata medis di Negei Jiran ini, untuk lebih jelas informasinya bisa mengunjungi akun Instagram @medtourismmy.id serta bisa juga langsung Website resmi www.medicaltourismmalaysia.id

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.