Cara Mudah Melelehkan Coklat Batangan Hingga Siap Digunakan

Kue coklat memang menjadi salah satu makanan favorit, dalam proses pembuatannya ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan. Termasuk jika seandainya Anda ingin melakukan coating pada kue tersebut dengan menggunakan coklat. Pada proses coating atau menutup cake dengan coklat. Maka hal yang dibutuhkan adalah coklat batangan yang sudah dilelehkan. Mungkin banyak yang menganggap bahwa proses melelehkan coklat ini mudah dilakukan. Namun masih banyak yang salah, sehingga hasilnya kurang maksimal.

Diantara langkah mudah untuk melelehkannya sebenarnya adalah dengan di tim, yaitu pada suhu 40 derajat Celcius namun jangan lebih dari itu. Jika seandainya suhu tersebut terlalu panas maka nantinya cokelat bisa saja berubah warna, menggumpal bahkan juga terasa lebih berpasir. Bahkan tampilannya juga tidak akan mengkilap, sehingga tampak kurang cantik. Ketika melakukan tim, maka pastikan juga tidak ada uap air yang masuk.

Teknik tim diatas bisa dikatakan juga sebagai teknik double boiler, karena memang menggunakan 2 mangkok ataupun panci yang tahan panas. Pada teknik double boiler ini, maka sebelum dilakukan pengetiman, maka cokelat tersebut harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, sehingga prosesnya juga jadi lebih cepat. Kemudian dapat dimasukkan kedalam wadah yang stainless steel. Setelah itu baru panaskan panci yang sudah ada airnya. Setelah itu tumpangkan wadah yang kira-kira lebih besar dari panci dan juga tidak meleleh. Baru masukkan cokelat, setelah leleh sebagian maka bisa langsung diangkat. Karena secara otomatis bagian yang lainnya juga akan ikut meleleh.

Pastikan juga dalam proses coating, maka Anda tidak menggunakan coklat yang suhunya masih terlalu panas. Karena hal ini akan berdampak pada hasilnya yang kurang mengkilap. Bisa mulai digunakan ketika suhunya sudah mirip dengan suhu tubuh. Anda bisa mendapatkan coklat batangan berkualitas diantaranya adalah dari toko bahan kue nomor satu yaitu Tokowahab. produk yang dijual disini lengkap, mulai dari merk-merk lokal sampai dengan produk impor juga tersedia. Proses pemesanannya mudah dan juga cepat, lebih praktis dibandingkan belanja langsung.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.