Cryptocurrency

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Investasi di Cryptocurrency

Membahas tentang investasi kini bukan lagi hal yang wah, apalagi akhir-akhir ini ada banyak macam investasi yang cukup terkenal seperti Cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan istilah dalam investasi yang sering menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Tapi, apa sebenarnya cryptocurrency itu? Pernah mendengar tentang Bitcoin, Dogecoin, Litecoin, XRP atau Ethereum? Mereka sebenarnya adalah jenis cryptocurrency atau mata uang digital sedang tren di dunia investasi.

Tetapi pertanyaan jutaan dolar di sini adalah, haruskah Anda berinvestasi di cryptocurrency? Terlepas dari banyak resiko yang mungkin pernah Anda dengar, membeli cryptocurrency akan menjadi berisiko dan tidak aman apabila Anda tidak memiliki pengetahuan dasar terkait hal tersebut. Kalau Anda tertarik untuk memulai, Anda bisa memulai invest kripto via Pluang yang aman untuk masa depan investasi Anda.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah aset digital yang digunakan orang sebagai investasi dan untuk pembelian digital. Anda menukar mata uang nyata, seperti dolar, untuk membeli “koin” atau “token” dari jenis mata uang kripto tertentu.
Analogi yang pas untuk cryptocurrency seperti menukar uang Anda di negara lain. Seseorang dapat membelikan Anda makan malam yang menyenangkan di Amerika, tetapi jika Anda ingin menikmati santapan mewah di Italia, Anda memerlukan beberapa euro. Hal yang sama berlaku untuk cryptocurrency. Anda menukar uang Anda dengan kripto dan menggunakannya seperti uang sungguhan di tempat yang menerimanya sebagai jenis pembayaran.

Jadi, dari mana kita mendapatkan kata cryptocurrency? Hal itu berasal dari kata kriptografi yang berarti seni menulis atau memecahkan kode. Kedengarannya seperti pengaturan film Indiana Jones, bukan? Setiap koin cryptocurrency adalah baris kode yang unik. Dan cryptocurrency tidak dapat disalin, yang membuatnya mudah dilacak dan diidentifikasi saat diperdagangkan.

Bagaimana Cryptocurrency Bekerja?

Cryptocurrency dipertukarkan dari orang ke orang di web tanpa perantara, seperti bank atau pemerintah. Transaksi semacam ini seperti dunia digital yang liar tetapi tidak ada petugas yang menegakkan hukum. Oleh karena itu, cryptocurrency bernilai berapa pun orang yang bersedia membayar atau menukarnya.

Bagaimana Anda Menyimpan Cryptocurrency?

Anda menyimpan cryptocurrency dalam sesuatu yang disebut dompet digital. Biasanya di aplikasi atau melalui platform tempat Anda membeli koin. Dompet digital ini memberi Anda kunci pribadi atau kode unik yang bisa dimasukkan untuk menandatangani pembelian secara digital. Hal ini akan menjadi bukti matematis bahwa pertukaran itu sah.
Cryptocurrency menggunakan sesuatu yang disebut teknologi blockchain. Blockchain seperti tanda terima yang sangat panjang yang terus bertambah dengan setiap pertukaran crypto. Hal ini adalah catatan publik dari semua transaksi yang pernah terjadi dalam cryptocurrency tertentu.

Apa Jenis Cryptocurrency yang Ada?

Bitcoin adalah top dog yang diketahui semua orang, tetapi bukan satu-satunya jenis cryptocurrency yang ada. Ada Litecoin, Polkadot, Chainlink, Mooncoin dan sekitar 10.000 jenis koin aneh lainnya yang semakin bertambah. Berikut beberapa yang teratas saat ini.

Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama, dan sudah ada untuk sementara waktu sekarang. Bitcoin dibuat pada tahun 2009 oleh orang tak dikenal yang menggunakan nama rahasia Satoshi Nakamoto. Dan rahasia besar itu adalah bagian dari kerahasiaan dalam transaksi digital cryptocurrency. Tetapi tidak dapat disangkal fakta bahwa segala sesuatu yang anonim sangat menarik. Meskipun cryptocurrency terbilang sulit, investor crypto tampaknya menyukai Bitcoin karena memiliki kekuatan yang sedikit lebih besar daripada yang lain.

Ethereum

Ethereum adalah cryptocurrency paling populer setelah Bitcoin. Meskipun Ethereum seperti Bitcoin dengan koin crypto-nya yang disebut Ether, tetapi ada perbedaan. Ethereum sedikit lebih kompleks karena memungkinkan penggunanya untuk “menambang” koin mereka. Apa artinya? Di dunia crypto, penambangan terjadi ketika orang menggunakan komputer mereka untuk menyelesaikan masalah matematika super rumit yang memastikan transaksi crypto baru, yang menambah blockchain. Orang-orang ini “menambang” kemudian dibayar dengan koin Eter.

Dogecoin

Dogecoin (diucapkan “dohj-coin”) dimulai sebagai lelucon pada tahun 2013 dan sekarang menjadi salah satu jenis koin terpanas untuk diinvestasikan. Pada saat itu, ada meme yang beredar tentang Shiba Inu (itu sejenis anjing). Pencipta Dogecoin menamai cryptocurrency mereka setelah meme “Doge,” yang kemudian menjadi maskot mereka, dan sisanya adalah sejarah internet.
Anda tidak akan kekurangan koin untuk diinvestasikan dalam dunia cryptocurrency. Tergantung pada apa yang sedang tren hari, Anda akan melihat nilai koin ini naik dan turun dalam grafik real-time setiap detiknya. Jika Anda berinvestasi dan berharap untung pada crypto berdasarkan apa yang sedang panas hari itu, Anda mungkin akan memiliki resiko kerugian. Jadi, Anda harus paham dulu dalam membaca pergerakan grafiknya.

Apa yang Dapat Anda Beli Dengan Cryptocurrency?

Pada titik ini, kebanyakan orang masih melihat cryptocurrency sebagai investasi. Tetapi cryptocurrency dengan cepat menjadi lebih diterima secara luas sebagai mata uang. Dan itu bisa menjadi lebih populer karena cryptocurrency ini terus mendapatkan kepercayaan.
Beberapa pengecer besar, seperti Whole Foods, Nordstrom, Etsy, Expedia, dan PayPal sekarang mengizinkan orang membayar menggunakan crypto. Salah satu item yang saat ini menjadi barang jualan dengan kripto adalah NFT atau Non-Tangible Token.

Share

One thought on “Hal yang Harus Diketahui Sebelum Investasi di Cryptocurrency

  1. sebagai salahs atu pengguna Crypto saya sarankan sebelum masuk pada dunia ini ada baiknya kita belajar tentang bagaimana currency ini bekerja. Hal ini agar kita tidak terjebak dan bukannya keuntungan yang kita dapatkan melainkan kerugian yang sangat besar. ingat kurs uang ini hanya ada pada dunia maya, dan sewaktu – waktu dapat menghilang ntah ke mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.