Menggalakkan Desa Digital di Wilayah Pantura Sampang

Sampang wilayah Utara merupakan wilayah yang memiliki potensi alam yang bagus apalagi sampai saat ini di beberapa wilayah pantura Sampang selalu melakukan pembenahan di setiap sektor yang ada, terutama untuk sektor wisata. Munculnya beberapa lokasi wisata baru di wilayah ini menjadi bukti bahwa kepedulian masyarakat tentang daerahnya semakin meningkat, hal ini bisa kita lihat dari tata cara pengelolaan potensi wisata yang sudah ada didesain secara kekinian dan instagramable .

Kemajuan teknologi informasi sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat terutama bagi mereka yang hidup di daerah pedesaan, namun apabila tidak di imbangi dengan pengetahuan yang luas maka pemanfaatannya akan kurang maksimal. Oleh karena itu Komunitas Sahabat Go yang di dukung oleh Daya Maya dan Bakti bersinergi untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi terutama untuk keperluan administrasi desa.

Pelatihan ini dilakukan secara estafet di 4 kecamatan yang ada di wilayah pantura kabupaten Sampang yaitu di kecamatan Banyuates, Ketapang, Sokobanah dan Kedundung. Pelatihan ini di ikuti oleh beberapa desa perwakilan yang sudah direkomendasikan oleh pihak kecamatan pada saat melakukan riset, khususnya di wilayah yang notabene memiliki jarak yang lumayan jauh akses informasi.

Desa-desa terpilih itu akan menghadirkan perwakilan warga desanya atau operator desa untuk bersama-sama belajar pengoperasian dan pemanfaatan Sistem Informasi Desa yang nanti akan di fasilitasi oleh Komunitas Sahabat Go sebagai bentuk apresiasi bagi mereka.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua desa yang andil bisa menjadi desa mandiri yang mampu mempromosikan potensi yang ada di desanya masing-masing dan mampu mengelola serta memanfaatkan Sistem Informasi Desa yang sudah didapatnya, sehingga tidak lagi kesulitan untuk akses informasi dan administrasi desa bisa jadi lebih mudah dijangkau terutama bagi masyarakat yang lokasinya lumayan jauh bisa lebih efisien.

Selain mendapatkan pelatihan nantinya juga akan ada monitoring bagi desa-desa tersebut. Monitoring ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman peserta tentang pemanfaatan sistem Informasi Desa, selain itu pembinaan akan terus dilakukan secara berkesinambungan oleh komunitas Sahabat Go sampai nantinya desa itu mampu mandiri secara digital dan maksimal memanfaatkan serta mempromosikan desanya wia website yang sudah di miliki tiap desa.

Share

One thought on “Menggalakkan Desa Digital di Wilayah Pantura Sampang

  1. Beruntungnya anak-anak yang masih bisa diberikan gizi yang cukup. Banyak anak-anak Indonesia diluar sana yang belum bisa mendapatkan hak mereka di usia mereka. Banyak menjadi korban perceraian, perang antar suku, bencana, sehingga mereka tidak bisa menikmati masa bermain mereka. Bahkan banyak diantaranya yang ditelantarkan, dibuang, sehingga gizi juga tidak tercukupi. Namun ada UNICEF lembaga PBB dunia yang bergerak di bidang sosial perlindungan anak-anak dan perempuan. Mereka sudah lama menjaga anak-anak Indonesia dan membantu mendapatkan hak mereka, kita pun juga bisa membantunya dengan donasi melalui mereka. Tapi banyak dari kita yang takut donasi di UNICEF karena takut tidak tahu cara berhenti donasi UNICEF. Padahal itu perkara yang mudah kok, yuk bergerak bantu anak-anak Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.