Pentingnya Vaksin untuk Pencegahan Covid 19

Lebih baik mencegah daripada mengobati, seringkali kita mendengar slogan itu namun kadang susah untuk menerapkannya. Mencegah jauh lebih murah dan tentu mengurangi rasa khawatir akan tertularnya suatu penyakit dari lingkungan sekitar, terutama saat maraknya wabah virus corona seperti saat ini.

Pandemi covid 19 memang tetap terasa menakutkan, entah sampai kapan ini akan berakhir, walau sudah memasuki Era New Normal tapi perasaan takut dan waspada tetap selalu ada apalagi jumlah penyebaran kasus covid di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Seperti yang kita ketahui dari beberapa website kalau di Indonesia per tanggal 25 september 2020 penyebaran kasus positif covid sudah mencapai angka 266.846, dengan 10.218 merupakan data meninggal dunia. Ini tentunya sangat harus di perhatikan oleh semua kalangan masyarakat agar tidak lagi menyepelekan wabah ini.

Penyebaran kasus covid ini tentu dari berbagai cluster di lapisan masyarakat, karena Virus ini penyebarannya sangat cepat dan tidak pandang bulu. Oleh karena itu selama masa pandemic ini kita harus membatasi ruang gerak terlebih dahulu, seperti beberapa himbauan pemerintah yang sudah mulai di terapkan di lapisan masyarakat.
Himbauan-himbauan tersebut harus kita patuhi agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ada banyak himbauan yang sebenarnya sangat mudah untuk kita patuhi seperti penggunaan masker dan hand sanitizer, menghindari dari keramaian, menjaga pola hidup sehat dan tetap mematuhi protocol kesehatan ketika sudah beraktivitas diluar rumah serta sebisa mungkin melakukan vaksin.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa Negara di dunia ini sedang berlomba-lomba melakukan riset terkait vaksin covid 19. Namun hingga saat ini masih banyak kendala tentang pendistribusiannya, bahkan ada wacana yang menyebutkan bahwa pendistribusian vaksin covid 19 masih di lakukan tahun depan secara bertahap. Sehingga sebagai pencegahan kita dianjurkan untuk melakukan vaksin sementara seperti vaksin Flu.

Melakukan vaksin disaat pandemic seperti saat ini sangat di anjurkan terutama bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya mudah drop karena perubahan cuaca yang tidak menentu atau bagi mereka yang bisa dengan mudahnya terserang penyakit musiman. Pemberian vaksin merupakan perlindungan ekstra bagi kelompok rentan sehingga nantinya bisa mencegah beberapa penyakit yang dengan mudah menular seperti flu. Karena gejala yang disebabkan oleh virus Corona sangat bervariasi dari yang ringan hingga parah dan menyebabkan kematian. Semakin lemah daya tahan tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan gejala Covid-19 menjadi parah. Sehingga pemberian vaksin sebelum mendapatkan vaksin covid 19 di anjurkan sebagai salah satu bentuk pencegahan covid. Namun bagi mereka yang sudah melakukan vaksin bukan berarti harus tenang dan menyepelekan anjuran pemerintah dan WHO karena vaksin ini tidak bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona.

Vaksin bisa dilakukan baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak, untuk lebih jelasnya tentang vaksin covid 19 kita bisa baca-baca artikel yang tersedia di Halodoc. Halodoc merupakan sebuah platform kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan serta berbagai macam informasi terkait dengan kesehatan. Di halodoc kita bisa melakukan konsultasi dengan beberapa dokter professional terkait dengan kekhawatiran kita mengenai covid 19 maupun tentang kesehatan lainnya.

Selain itu aplikasi halodoc juga sangat user friendly sehingga memudahkan kita dalam pengoperasiannya. Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk mobile, kita bisa langsung install aplikasinya di smartphone. Selain bisa konsultasi langsung dengan dokter, kita juga bisa membeli obat, cek lab bahkan kita juga bisa mencari rumah sakit atau klinik yang akan kita kunjungi dan juga bisa membuat janji temu dengan dokter. Fiturnya sangat lengkap dan kliniknya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.