Pentingnya Performance Management dalam Perusahaan

Dalam mengelola kinerja karyawan, HRD cukup familiar dengan performance management. Kinerja karyawan dalam perusahaan bersifat fluktuatif atau naik turun. Penurunan kinerja tidak selalu diakibatkan rasa malas. HRD sebagai salah satu divisi yang langsung bertanggung jawab atas kinerja karyawan harus memahami faktor-faktor tersebut. Bisa jadi kinerja karyawan menurun akibat stress, beban kerja bertambah, atau konflik internal dalam divisi. Dengan performance management, perusahaan diharapkan mampu menstabilisasi dan mengoptimalkan kinerja karyawannya.

Mengapa Performance Management Penting?

Performance management adalah proses mengamati dan mengarahkan pencapaian karyawan di tempat kerja. Sebagai alternatif dari sistem penilaian karyawan standar, performance management mengambil pandangan yang lebih komprehensif tentang pekerjaan karyawan. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari performance management, antara lain:

Menetapkan Tujuan

Strategi performance management yang baik dimulai dengan menetapkan tujuan. Pertimbangkan untuk mempersiapkan deskripsi pekerjaan yang diperbarui untuk anggota tim dan diskusikan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan yang disusun harus mengacu kepada visi misi perusahaan dan berpedoman kepada SMART (specific, measurable, achievable, realistic, and time based).

Membangun Employee Engagement

Sistem performance management yang sukses dapat membangun employee engagement yang lebih kuat melalui dialog terbuka. Manajer dapat melakukan hal ini dengan mengadakan meeting mingguan atau bulanan. Saat karyawan terhubung dengan tim dengan sepenuhnya, karyawan dapat termotivasi untuk berkontribusi lebih.

Meningkatkan Produktivitas

Kinerja yang lebih baik mengarah pada peningkatan produktivitas yang berdampak besar di seluruh perusahaan. Pemantauan kinerja melalui performance management dapat melacak output dan mengukur kemajuan kinerja. Kemudian, feedback dan kritik yang berimbang dapat untuk membantu karyawan mencapai tujuan.

Transparansi

Untuk membuat sistem performance management yang transparan, uraikan prosesnya sedini mungkin. Tunjukkan bagaimana karyawan harus mempersiapkan dan bagaimana mencapai hasil yang positif. Perjelas tentang motivasi di balik proses performance management untuk mendorong karyawan termotivasi.

Memperkuat Kepemimpinan

Tak hanya dari segi kinerja, kepemimpinan pun ikut dipengaruhi oleh performance management. Karyawan Anggota tim dapat menetapkan diri sebagai calon pemimpin saat mampu menetapkan tujuan secara SMART. Manajer pun dapat mengidentifikasi kualitas kepemimpinannya selama sering berdialog dengan anggota tim.

Performance Management: Manual VS Menggunakan Aplikasi HR

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa performance kinerja membawa dampak positif baik kepada karyawan, manajer, dan perusahaan secara keseluruhan. Karena itulah performance management sangat penting dalam perusahaan. HRD adalah pihak pertama yang bertanggung jawab atas performance management pun dihadapkan dengan 2 pilihan, mengelola performance management dengan cara manual atau menggunakan Aplikasi HR?

Performance management harus tersusun dengan sistematis agar lebih efektif. Dengan begitu progress lebih mudah untuk dipantau dan diteruskan kepada pihak terkait yang berwenang. Sayangnya, cara manual agak merepotkan karena mengharuskan HRD berkutat dengan tumpukan kertas dokumentasi kinerja. Ditambah lagi penilaian kinerja yang sering bias dan membuat parameter lain yang lebih penting luput dari penilaian.

Performance management lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Aplikasi HR dari LinovHR. Proses penilaian kinerja akan berjalan secara otomatis berdasarkan goals dan Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan. Pihak manajerial juga dapat menentukan parameter untuk penilaian kinerja seperti kualitas kerja, team work dan lain-lain dengan bobot dan nilai yang kemudian akan dikalkulasikan. Mengingat tingkat kepentingannya yang sangat tinggi, maka memilih Aplikasi HR dari LinovHR untuk membantu performance management adalah pilihan terbaik perusahaan. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.