Storytel

Storytel, Audiobook Yang Bisa Jadi Teman Saat Menulis

“Ibuku pernah bilang, bacalah banyak buku. Agar besok lusa bukan hanya agar kau tidak mudah ditipu orang, tapi agar kau bisa mencegah penipu membohongi banyak orang.”

“Tulislah sesuatu yang harus dibaca banyak orang, bukan yang ingin dibaca banyak orang.”

Dua kutipan menarik yang aku ambil dari novel yang ku dengarkan dari Baca Buku Online beberapa hari lalu, salah satu novel karya Tereliye yang hadir diakhir tahun 2020. Ini serasa mengobati rasa kangenku pada novel karya Tereliye karena rasanya sudah lama tidak kembali membaca bukunya, dan buku terakhir yang aku baca masih tentang Klan Bumi, Bulan, Matahari dan Komet, setelah itu rasanya sudah tidak ada waktu untuk baca buku karena kesibukan kerjaan yang kadang harus kejar-kejaran, so hobi membacanya sedikit tersingkirkan, dan tidak ada lagi koleksi Novel Fiksi yang memenuhi box buku.

Novel ini berjudul ”Selamat Tinggal”, Tokoh utamanya adalah Sintong Tinggal, dimana ia merupakan seorang mahasiswa abadi yang bekerja sebagai penjaga toko buku bajakan milik pamannya, ia sudah diambang batas studinya dan sudah bolak-balik bertemu dengan dekan untuk meminta perpanjangan waktu dalam mengerjakan tugas akhir. Namun dibalik itu siapa yang menyangka jika Sintong adalah penulis ulung, tulisannya bagus sudah tersebar diberbagai koran nasional bahkan bakatnya juga diakui oleh teman-temannya. Karakter yang ada di novel ini sangat kontradiktif sehingga eman-eman kalau di dengarkan hanya separuh jalan saja, ada pergolakan batin yang juga jadi bumbu dalam novel berjudul Selamat Tinggal ini kehadiran karakter Jess, Bunga serta Terang Bintang terasa sangat manusiawi sekali. Selain itu Tereliye juga menghadirkan sosok tokoh nasional yang jarang diketahui banyak orang yaitu Sutan Pane, satu hal yang pasti dari beberapa novel Tereliye yang aku baca , ia mampu mengaitkan satu dengan hal yang lain sehingga terasa utuh, risetnya juga tidak main-main membuat ceritanya begitu meyakinkan dan tidak salah kalau novelnya menjadi candu baik untuk dibaca ataupun di dengarkan.

Storytel

Membahas tentang novel atau buku yang didengarkan bukan dibaca, kali ini sudah ada aplikasi yang menyediakan buku-buku keren untuk dengarkan oleh semua orang. Jika dulu hanya penyandang tuna netra saja yang menggunakan aplikasi semacam ini, tapi sekarang kita juga bisa menikmatinya, nama aplikasinya Storytel. Dengan aplikasi ini kita bisa mendengarkan buku-buku yang kita sukai secara praktis dimanapun dan kapanpun, bahkan dalam sehari aku bisa menyelesaikan salah satu Buku Best Seller dalam perjalanan hingga disambi mengerjakan kerjaan kantor yang berjudul Mariposa.

Apa itu Storytel?

Storytel merupakan salah satu aplikasi Audiobook dan streaming e-book berlangganan terbesar didunia yang sudah beroperasi di 20 pasar di seluruh dunia dan berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Ini didirikan oleh Jon Hauksson dan Jonas Tellander tahun 2005. Sesuai dengan visinya yang menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan kisah-kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Aplikasi Audiobook

Sehingga tidak heran jika pengguna aplikasi ini sudah hampir menjangkau 340 juta pengguna di Asia Pasifik. Layanan aplikasi berlangganan Storytel ini hadir di kawasan Asia Pasifik sejak tahun 2017. Dimulai dari India pada 2017, Singapura (2019), Korea Selatan (2019), Thailand (2020), dan di Indonesia sendiri Storytel secara resmi hadir pada awal maret 2022 walau rencana awalnya dari sekitar april 2021. Hingga saat ini audiobook dari Storytel telah menjangkau penghobi buku di 25 negara di seluruh dunia.

Fitur Apa Saja Yang Ada Di Storytel

Storytel sebagai platform audiobook yang memudahkan perluasan pengetahuan dan wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan. Pada saat mencoba Storytel ternyata banyak fitur yang bisa kita pakai sesuai kebutuhan, diantaranya:

Dengar dan baca secara offline

Dengan adanya fitur ini kita bisa menyimpan terlebih dahulu buku-buku secara offline agar kita bisa menikmatinya dimanapun dan kapanpun walau tanpa adanya koneksi internet.

Mode Anak

Saat mode ini diaktifkan anak-anak hanya hanya bisa mengakses buku-buku sesuai dengan kategorinya, sehingga dengan adanya fitur ini orang tua dapat dengan mudah mengontrol buku bacaan anak.

Menulis ulasan atau komentar

Jika sudah selesai mendengarkan atau membaca sebuah buku, kita akan diminta untuk menilai buku dengan memilih jumlah bintang untuk buku tersebut. Jika memilih untuk menilai buku tersebut, kita akan melihat opsi untuk menulis ulasan dan memberi pendapat terhadap buku yang kita dengarkan.

Target Mendengarkan

Fitur ini mendorong kita masuk ke dalam banyak kisah-kisah hebat, dengan adanya fitur ini kita dapat mengatur target mendengarkan pada aplikasi Storytel sekaligus menentukan berapa banyak buku yang ingin baca atau dengar dalam jangka waktu tertentu.

Sleep Timer

Audiobook Indonesia

Ini berguna banget bagiku yang biasanya kalo dengerin cerita bawaannya ngantuk, dengan menggunakan fitur ini kita akan membantu kita mengatur aplikasi Storytel agar nanti bisa berhenti secara otomatis sesuai dengan pengaturan kita.

Playback Speed

Fitur ini membantu kita untuk mengatur kecepatan suara narrator, kecepatan mulai dari 0.75x , 1.0x, 1.25x, 1.5x, 1.75x serta 2.0x.

Keunggulan Menikmati Buku Dengan Storytel Audiobook

Sejak beberapa hari ini kenal dengan Storytel Audiobook Indonesia, aku langsung suka banget karena melalui aplikasi ini aku dapat kembali menamatkan novel terfavorit Negeri Lima Menara yang tidak membuat bosan. Selain itu ada banyak sekali rekomendasi buku yang dapat kita dengarkan di Storytel. Di Storytel kita tidak hanya bisa mendengarkan buku-buku best seller yang berbahasa Indonesia seperti Divortiare atau Dilan yang sempat keren difilmnya, tetapi juga bisa mendengarkan yang berbahasa inggris.

Buku Best Seller

Untuk para pecinta Potter, kalian juga bisa menikmati Harry Potter Audiobook di Storytel sehingga kita bisa kembali bernostalgia dengan novel ini, lumayan kan tinggal mendengarkan sambil menghayati isinya. Selain itu untuk penyuka Game of Thrones ataupun Hunger Games kalian juga bisa menikmati buku ini di aplikasi Storytel. Intinya Storytel itu merupakan aplikasi baca buku online yang meliputi audiobook dan e-book yang lengkap, bahkan buku yang berhubungan dengan sejarah seperti Sapiens juga ada disana.

Di Storytel terdapat banyak kategori buku sehingga kita tidak kesusahan untuk mencarinya. Mulai dari kategori Anak, Biografi, Kriminal, Bisnis & Ekonomi, Non Fiksi, Fantasi & Fiksi Ilmiah, Sejarah, Klasik, Puisi, Cerita Pendek, Pengembangan Diri, Fiksi, Bahasa, Thriller, Remaja & YA, Romance, serta Agama & Spiritualitas. Dan semua kategori ini sudah dipisah tersendiri di menu pencarian.

Untuk kalian yang juga ingin mencoba aplikasi audiobook Indonesia ini juga bisa loh, apalagi aplikasi Storytel ini tersedia untuk pengguna android maupun iOS. Untuk lebih mudahnya kalian bisa download langsung Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android sesuai dengan spesifikasi handphonenya. Saat pertama kali daftar kalian akan mendapatkan free trial selama 7 hari kemudian untuk selanjutnya berlangganan dengan harga promo Rp. 39.000 setiap bulannya. Hayukk download Storytel sekarang. Gak bakal nyesel kok, apalagi saat ini mendengarkan buku sudah menjadi tren yang semakin popular dan banyak diminati karena bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja serta mengurangi waktu melihat layar handphone yang kadang bikin mata panas serta kepala pusing.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.