kelas pintar

Kelas Pintar, Platform Bimbingan Belajar Yang Efektif dan Efisien

Pendidikan adalah hak setiap warga Negara, mungkin kalimat ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena saat di sekolah dulu selalu dituntut untuk menghafal beberapa pasal di UUD 1945 yang salah satu pasalnya berbunyi demikian. Membahas tentang pendidikan di masa pandemic covid-19 saat ini, memang sangat jomplang dari kegiatan yang semestinya. Di setiap sekolah, guru dituntut untuk kreatif demi terlaksananya sebuah proses belajar-mengajar, seperti yang kita ketahui saat ini proses belajar di sekolah tidak bisa maksimal karena harus mengikuti peraturan pemerintah selama masa pandemic, hal ini sangat berpengaruh pada pengetahuan serta nilai akademis yang akan diterima oleh siswa.

Tidak menutup kemungkinan banyak siswa yang kurang paham dengan materi yang disampaikan secara terbatas ruang dan waktunya, sehingga mereka akan kebingungan apalagi proses belajar seperti ini sudah berlangsung cukup lama. Agar lebih maksimal dalam menerima pelajaran di sekolah, sudah seharusnya dibutuhkan suatu bimbingan belajar diluar jam sekolah. Untuk menyikapi keadaan seperti ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi semua kalangan stakeholder pendidikan, baik itu pemerintah, guru maupun orang tua. Membahas tentang bimbingan belajar, kini telah ada sebuah platform bimbingan belajar yang berbasis online dan mengikuti kemajuan teknologi, platform ini namanya “Kelas Pintar”

Apa itu Kelas Pintar?

Kelas Pintar adalah sebuah aplikasi sekaligus platform bimbingan belajar online untuk siswa mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA yang bisa diakses menggunakan komputer atau smartphone. Platform ini menggunakan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Sebagai sarana bimbingan belajar, di Kelas Pintar semua pihak sama-sama dilibatkan baik murid, guru/mentor maupun orang tua, karena fokus utamanya adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru/mentor, sekolah dan orang tua dalam proses belajar melalui sebuah platform yang saling terintegrasi.

Informasi tentang Kelas pintar bisa diakses melalui website kelaspintar.id dimana disana kita akan mendapatkan berbagai penjelasan tentang sistem belajar di Kelas Pintar, fitur-fitur yang disediakan sekaligus budget yang harus kita keluarkan saat kita memutuskan untuk belajar di Kelas Pintar. Selain bisa diakses melalui website tersebut kita juga bisa mendownload aplikasi ini di Google Play maupun di App Store.

Mengapa Kelas Pintar?

Kelas Pintar merupakan solusi pembelajaran digital yang dapat membantu Orang Tua memantau perkembangan belajar anak dimanapun dan kapanpun. Ada alasan tersendiri kenapa harus memilih Kelas Pintar.

  1. Pemahaman yang mudah dengan personalisasi metode belajar sesuai kebutuhan siswa serta beragam modul pilihan.
  2. Akses UNLIMITED ke puluhan ribu materi pelajaran dan soal latihan mulai dari jenjang SD hingga SMA.
  3. Grup diskusi antara murid dan guru dalam satu aplikasi.
  4. Peran aktif guru dan orang tua dalam memantau perkembangan belajar siswa secara “real time”.

Selain alasan diatas Kelas Pintar juga menawarkan kemudahan bagi Siswa, Guru/Mentor, serta Orang Tua untuk memantau proses pembelajaran secara menyeluruh. Dimana siswa dapat melakukan beberapa aktivitas belajar menggunakan konsep yang disesuaikan, Guru/Mentor dapat diundang oleh siswa agar dapat membantu dalam proses belajar sesuai kompetensi yang dimilikinya, sedangkan orang tua senantiasa dapat memantau perkembangan belajar anak.

Bagaimana Metode Belajar Di Kelas Pintar

Di Kelas Pintar ada dua langkah yang dipakai dalam pembelajarannya, hal ini disebabkan karena setiap siswa pasti memiliki preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda.

  1. Pendekatan Personal, metode ini sangat menyenangkan karena menggunakan visual, audio maupun kinestetik sehingga siswa lebih gampang memahami isi materi yang disampaikan oleh mentor.
  2. Metode Pembelajaran Pintar, pada metode ini ada tiga pendekatan yang digunakan,
    Learn, Materi disampaikan secara komplit dan menyeluruh yang ditambah dengan pendalaman konsep, konten animasi, interaksi dengan interactive multimedia maupun e-book, dengan pendekatan ini siswa akan lebih memahami karena sistem belajarnya tidak monoton.
    Practice, berisi penguatan konsep melalui berbagai macam latihan soal, dalam HOTS, Virtual Lab maupun VBQ (Value Base Question). Dari semua materi yang didapatkan sebelumnya siswa bisa langsung mendapatkan latihan soal sehingga mereka akan lebih mudah memahaminya.
    Test, merupakan evaluasi dari proses pembelajaran sebelumnya. Ini bisa berupa tes adaptif dan periodic serta soal pilihan ganda.

Fitur Apa Saja Yang Tersedia Di Kelas Pintar

Ada beberapa fitur yang tersedia di Kelas Pintar, jika sebelumnya terdapat fitur Tanya yang bisa digunakan oleh semua siswa untuk bertanya dan mendapatkan jawaban dari para ahlinya, saat ini ada fitur terbaru yaitu fitur Sekolah yang dapat mendukung aktivitas belajar mengajar guru dan siswa tanpa harus bertatap muka secara langsung, sebagaimana yang biasa terjadi di sekolah pada umumnya selama masa pandemic.

Fitur sekolah ini hadir sebagai solusi bagi dunia pendidikan selama masa covid-19, untuk menguatkan peran sekolah, guru dan orang tua dalam proses pembelajaran di kondisi apapun. Dalam fitur ini terdapat enam menu turunan yaitu kelas, PR, Project, Tugas, Ujian dan Monitoring.
Dengan fitur yang ada di Kelas Pintar ada beberapa keuntungan yang bisa didapat, yaitu:

  1. Belajar Lebih Terencana, karena disana kalian bisa menulis catatan dan membuat jadwal
  2. Belajar Tidak Sendirian, walaupun hakikatnya kalian sendirian dari rumah, tapi kalian bisa buat grup belajar bersama teman kalian, atau kalian juga bisa mendaftarkan orang tua kalian untuk memberi motivasi
  3. Progres Lebih terukur, kalian bisa memantau perkembangan belajar setiap saat melalui sistem rapor.

Cara Menggunakan Kelas Pintar

Untuk menggunakan Kelas Pintar caranya sangat mudah sekali, kalian bisa langsung akses ke website Kelas Pintar atau bisa juga langsung download di Google Play Store secara gratis.

kelas pintar

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
– Buat akun di Kelas Pintar,
– Isi data diri dengan benar Pilih kelas yang kalian inginkan,
– sesuai dengan jenjang sekolahnya,
– Setelah itu kalian sudah bisa belajar bersama Kelas Pintar

Nah gimana, mudah bangetkan. Dengan hadirnya Kelas Pintar rasanya tak ada lagi alasan bagi mereka tidak bisa belajar di masa pandemik. Karena dengan Kelas Pintar kita bisa belajar dari manapun dan kapanpun.
Yuk berlanggan mulai sekarang kalian bisa pilih paket Kelas Pintar Reguler

dimana disana tersedia harga paket untuk 1 bulan dan juga untuk 12 bulan. Untuk paket 1 bulan harganya mulai dari Rp79.000/mapel atau Rp625.000 untuk semua mapel. Sedangkan untuk paket 12 bulan mulai dari Rp375.000/mapel atau Rp3.000.000 untuk semua mapel. Dengan berlangganan paket reguler kalian bisa mendapat keuntungan lebih yaitu bisa memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang ada di dalam aplikasi bimbingan belajar online Kelas Pintar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.